8 Manfaat Tidur Siang, Meningkatkan Memori dan Baik untuk Jantung

Kompas.com - 15/09/2019, 12:06 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Dari penelitian terbaru, tidur siang dinyatakan dapat meningkatkan memori dan kewaspadaan Anda, serta juga dapat meningkatkan suasana hati.

Seperti dilansir dari MNN, Sabtu (10/9/2019), penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa tidur siang dapat bermanfaat tidak hanya pada anak-anak usia 3 tahun, namun juga berpengaruh hingga dewasa.

Meningkatkan memori

Para peneliti dari Duke-NUS Medical School di Singapura mengatakan bahwa tidur siang sebelum tes sama efektifnya dengan memasukkan pelajaran ke dalam otak.

Tim peneliti melakukan pengujian pada 72 pelajar dengan memberikan presentasi mengenai 12 spesies kepiting dan semut yang berbeda, dan para peserta diminta untuk mempelajari secara detail tentang kedua hewan tersebut, termasuk diet dan habitatnya.

Setelah 80 menit, para peserta atau siswa tersebut diberikan kesempatan atau waktu satu jam untuk istirahat dengan menonton film, tidur siang, ataupun merevisi apa yang baru saja mereka pelajari.

Kemudian setelah satu jam itu berakhir, mereka belajar lagi 80 menit. Kemudian mereka harus mengikuti ujian yang mana mereka diberikan 360 pertanyaan tentang semut dan kepiting tersebut.