Spesies Baru Belut Listrik Ditemukan, Berdaya Sengat Hingga 860 V

Kompas.com - 14/09/2019, 18:23 WIB
Penampakan dari spesies baru belut listrik, Electrophorus voltai yang memiliki daya kejut hingga 860 V. science alertPenampakan dari spesies baru belut listrik, Electrophorus voltai yang memiliki daya kejut hingga 860 V.

KOMPAS.com - Para peneliti telah mengidentifikasi dua spesies baru belut listrik. Kedua belut listrik ini ditemukan di hutan hujan Amazon. Menariknya, salah satu belut tersebut memiliki daya sengat yang luar biasa.

Spesies yang memiliki nama latin Electrophorus voltai tersebut dapat mengeluarkan listrik dengan daya 860 volt sekali sengat, lebih besar dibandingkan rekor belut listrik sebelumnya yang menghasilkan listrik 650 volt dalam sekali sengat.

Dengan daya listrik sebesar itu, sengatannya pasti cukup untuk menyebabkan makhluk seperti manusia untuk mengalami rasa sakit yang serius.

Sementara itu, satu spesies belut listrik lainnya yang ditemukan adalah Electrophorus varii yang hanya memiliki daya sengat maksimal 572 V.

Baca juga: 50 Tahun Jadi Misteri, Belut Macan Tutul Berhasil Dideskripsikan

Penemuan ini pun memberikan pandangan baru mengenai belut listrik, bahwa ternyata belut listrik juga mengalami penyimpangan garis keturunan selama periode Miosen dan Pliosen.

PAsalnya, selama ini dunia meyakini jika hanya ada satu jenis spesies belut listrik saja, yakni Electrophurus electricus, yang ditemukan pertama kali di lembah Amazon 250 tahun yang lalu.

Untuk mengidentifikasi kedua spesies baru tersebut, para peneliti melakukan beberapa analisis DNA dan menemukan bahwa E. voltai dan E.varii menyimpang dari E.electricus sekitar 7,1 juta dan 3,6 juta tahun yang lalu. Setiap spesies juga memiliki wilayah yang berbeda.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa E. voltai memiliki daya sengat yang lebih besar. Sebab, E. voltai harus beradaptasi dengan perairan dataran tinggi yang tidak cukup baik dalam menghantarkan listrik.

Sementara dalam hal fisik, para peneliti mencatat adanya perbedaan kecil pada bentuk tengkorak, sirip dada, dan susunan pori-pori pada tubuh ketiga belut listrik tersebut.

Bukan belut tapi ikan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X