Tak Cuma Gundala, dalam Situasi Terancam Kita Bisa Punya Kekuatan Super

Kompas.com - 03/09/2019, 12:24 WIB
Ilustrasi takut Ilustrasi takut

KOMPAS.com - Film Gundala yang sedang tayang di bioskop masih hangat dibicarakan jagat maya. Film yang diadaptasi dari komik lawas berjudul Gundala Putra Petir itu, menceritakan perjalanan Sancaka.

Diceritakan, Sancaka mampu bertarung melawan musuh ketika dalam kondisi terjepit dan terancam musuh.

Sebenarnya tak hanya Gundala, kita pun bisa lebih berani dan memiliki kekuatan yang bahkan tak pernah terbayangkan sebelumnya dalam situasi terancam.

Dilansir Scientific American, (28/12/2009), keberanian dan kekuatan muncul sebagai respons tubuh menghadapi situasi mendesak atau merasa takut.

Baca juga: Ketakutan Cuma Produk Otak, Kita Bisa Menghapusnya jika Mau

Sebuah riset mengungkap, ketika manusia merasa takut, cemas, atau di bawah tekanan, tubuh akan melepaskan suatu energi yang tak pernah disadari dan membuat kita menjadi "manusia super".

Manusia super dalam artian, kita menjadi jauh lebih berani, lebih kuat, atau bisa bertindak di luar kebiasaan.

Ketika berada di situasi terancam, bagian otak akan menyalakan alarm tubuh. Hal ini kemudian memicu kelenjar adrenal yang berada di atas ginjal mengeluarkan hormon adrenalin sekaligus hormon kortisol.

Hormon adrenalin akan meningkatkan detak jantung, sementara hormon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres akan meningkatkan gula dalam aliran darah, sehingga otak dapat bekerja lebih efektif.

Vladimir Zatsiorsky, seorang profesor kinesiologi di Penn State yang mempelajari biomekanik dari angkat besi, memiliki teori menarik tentang kekuatan otot.

Zatsiorsky menamai dua jenis kekuatan yang dihasilkan otot, yakni kekuatan absolut dan maksimal.

Kekuatan absolut adalah kekuatan yang secara teori bisa dikeluarkan oleh otot. Sementara kekuatan maksimum adalah kekuatan yang secara sadar dikeluarkan otot kita.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X