Bagaimana Indonesia Bisa Membangun Industri Halal yang Sesungguhnya?

Kompas.com - 27/08/2019, 12:08 WIB
Prof Dr Irwandi Jaswir LIPIProf Dr Irwandi Jaswir

KOMPAS.com - Prof. Dr. Irwandi Jaswir, guru besar International Islamic University Malaysia, mengatakan bahwa Indonesia harus membangun industri halal yang sesungguhnya untuk bersaing di era industri 4.0.

Industri halal adalah salah satu industri yang paling menanjak saat ini. Industri ini diperkirakan senilai 3,1 trilyun dolar AS, dengan sektor pangan menyumbang seperlimanya.

Pada 2010, pasaran pangan halal global mencapai 640 milyar dolar AS dengan pertumbuhan sebesar 1,5%. Selain pangan, industri kosmetik, dan obat-obatan halal juga tidak kurang besarnya.

Meski begitu, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia, belum dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi salah satu pemain utama dalam industri halal.

"Jangankan melirik pangsa besar yang luar biasa besar diatas, pembangunan industri halal di Indonesia justru lebih fokus hanya sertifikasi," kata Irwan kepada Kompas.com.

Baca juga: Hidung Buatan Ini Bisa Deteksi Minyak Babi, Pastikan Makanan Halal

Sertifikasi merupakan salah satu cara untuk memberi jaminan sebuah produk yang beredar di pasaran halal untuk dikonsumsi.

Menurut Irwandi, tidak ada yang salah dengan sertifikasi, namun menjadikan sertifikasi sebagai prioritas pembangunan industri halal merupakan tindakan yang kurang tepat.

"Sertifikasi seharusnya berjalan seiring dengan 'misi' utama, yakni membangun industri halal yang sesungguhnya—yang antara lain melakukan pembinaan kepada industri," tuturnya.

"Tidak hanya itu, mendidik masyarakat memiliki kesadaran halal (halal awareness), dan tidak ketinggalan melakukan Penelitian dan Pengembangan (Litbang)," katanya.

Di era Industri 4.0, sertifikasi sudah harus melibatkan kemajuan “Blockchains dan Big Data”, di mana kecepatan menjadi penentu, termasuk dalam memproses sertifikasi halal itu sendiri sekaligus dengan metode pengesahan (authentication) yang telah teruji secara ilmiah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X