Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Hilangkan Lengket, Bolehkah Mandi saat Tubuh Berkeringat?

Kompas.com - 25/08/2019, 18:04 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Keringat membuat kulit jadi lengket. Selain itu, memberi peluang bagi kotoran, seperti debu menempel di kulit. Keringat yang keluar dari sekitar ketiak, selangkangan, dan dada juga cenderung menyebabkan bau badan.

Pada beberapa kasus, keringat bisa menciptakan kelembapan yang merangsang pertumbuhan jamur atau bakteri yang ada di kulit.

Semua pertimbangan itulah yang membuat sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk mandi setelah beraktivitas seharian.

Contohnya, mandi setelah kegiatan yang cenderung membuat tubuh berkeringat, seperti setelah berolahraga atau melakukan aktivitas seharian di luar ruangan.

Mandi atau tidak ketika saat kondisi kulit masih berkeringat sebenarnya adalah pilihan Anda. Namun, kebanyakan orang akan memilih untuk mandi karena merasa tidak nyaman.

Lantas, apa benar mandi saat keringat mengucur deras itu aman?

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mandi Malam Sebabkan Paru-paru Basah?

Sebelum menjawab boleh atau tidak mandi saat tubuh berkeringat, Anda perlu memahami proses pengaturan temperatur dalam tubuh (thermoregulation/regulasi temperatur).

Regulasi temperatur tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk mempertahankan suhu internal.

Salah satu faktor yang memengaruhi regulasi suhu tubuh adalah aktivitas. Semakin tinggi aktivitas yang Anda lakukan, suhu tubuh akan semakin meningkat.

Nah, untuk menormalkan kembali suhu tubuh, sistem saraf pusat akan mendinginkan kulit dengan mengeluarkan keringat. Itulah sebabnya tubuh akan berkeringat saat Anda aktif bergerak.

Setelah olahraga atau beraktivitas, tubuh akan terus menghasilkan panas untuk mengisi kembali cadangan energi dan menormalkan kembali sirkulasi darah.

Proses ini membuat suhu inti tubuh tetap tinggi beberapa saat dan memicu keringat tetap keluar walaupun Anda sudah berhenti beraktivitas.

Seorang ahli fisiologi olahraga di San Fransisco, yakni Stacy Sims, PhD, menyarankan untuk tidak langsung mandi saat tubuh berkeringat. Terutama mandi dengan air yang sangat dingin.

"Suhu dingin dapat mempersempit pembuluh darah dan memicu suhu tubuh terus naik," ujar Stacy.

Hal ini dapat menyebabkan panas tubuh tertahan dan gangguan pada pembuluh darah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com