Tak Harus Selalu Pakai Obat, Ini Cara Ampuh Usir Gejala Pilek

Kompas.com - 18/08/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Flu dan pilek merupakan dua kombinasi penyakit yang datang seiring perubahan musim. Jika tidak ditangani dengan tepat, kedua penyakit ini dapat mengganggu kegiatan harian Anda.

Selain mengonsumsi obat-obatan, ada cara lain yang bisa Anda terapkan. Pertama, Anda dapat menghirup uap teh panas. Secangkir teh panas tak hanya bisa menghangatkan tubuh, namun juga melegakan hidung tersumbat.

Artikel Kompas.com 16 Oktober 2016 menuliskan, cara ini mampu merangsang silia atau folikel rambut di hidung dan mengeluarkan kuman.

Dokter THT, Murray Grossan, MD dari Cedars-Sinai Hospital, Los Angeles mengatakan, Anda bisa menambahkan lemon dan madu. Lemon dapat membantu mengencerkan lendir atau ingus, sedangkan madu sebagai antibakeri.

Baca juga: Membedakan Gejala Flu, Alergi, atau Batuk Pilek Biasa pada Anak

Selanjutnya, untuk mengurangi pilek, Anda bisa makan sup ayam. Kaldu ayam bisa membuat kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Stephen Renard menunjukkan sup ayam memiliki efek pada sel darah putih yang menghambat pergerakan neitrofil atau jenis sel darah utih yang mendorong terjadinya infeksi.

Akan tetapi, para peneliti belum mengetahui pasti yang mana bahan dari sup ayam yang berfungsi menghambat neutrofil.

Selain sup ayam, bawang putih juga dapat merdakan pilek dan flu. Artikel Kompas.com yang terbit 7 September 2017 menyebutkan, bawang putih adalah makanan yang kaya akan antioksidan.

Bahan makanan ini memiliki zat antivirus sehingga dapat mencegah pilek atau flu serta memperpendek durasi sakit. Senyawa minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas pada bawang putih) ampuh untuk melawan pilek dan flu.

Selanjutnya adalah madu. Jika Anda sering mengonsumsi madu saat merasakan gejala flu maupun pilek, maka ini adalah salah satu cara yang tepat. Madu dapat mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X