6 Faktor yang Membuat Anda Lebih Berisiko Terkena Penyakit Gusi

Kompas.com - 15/08/2019, 19:37 WIB
Ilustrasi gigi putih KurhanIlustrasi gigi putih

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar pepatah “Jika ingin mempertahankan gigi, rawatlah gusi"? Pepatah ini merupakan hal yang benar karena penyakit gusi (periodontal) adalah penyebab utama tanggalnya gigi pada orang dewasa.

Semua orang memang rentan terhadap penyakit gusi. Akan tetapi, penyebab yang paling umum adalah kurangnya perhatian terhadap kebersihan mulut dalam jangka waktu yang lama.

Untuk diketahui, rutin menyikat gigi secara menyeluruh, serta memeriksakan gigi dan mulut Anda ke dokter adalah kunci utama guna mencegah berkembangnya penyakit.

Sementara itu, faktor lain yang dapat menyebabkan penyakit gusi adalah:

1. Keturunan

Faktor keturunan membuat beberapa orang mudah terkena penyakit gusi seperti gingivitis (radang gusi). Dan bakteri penyebab penyakit ini bisa lebih berbahaya dibanding orang lain.

Baca juga: Viral, Benarkah Tempelkan Bawang Putih di Tangan Bisa Sembuhkan Sakit Gigi?

2. Obat-obatan

Ada obat-obatan tertentu yang menghambat produksi air liur. Padahal, air liur bisa memberikan efek pembersihan sehingga plak dan tartar tidak mudah terbentuk. obat-obatan antidepresi dan flu mengandung bahan yang menurukan produksi air liur. Begitu juga dengan minuman beralkohol.

3. Merokok

Merokok dapat menghambat penyembuhan gusi karena terhambatnya pembentukan jaringan baru yang rusak karena bakteri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber hellosehat
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X