5 Piramida Diet Sehat dari Berbagai Negara, Apa Bedanya?

Kompas.com - 15/08/2019, 12:59 WIB
Ilustrasi makanan sehat ShutterstockIlustrasi makanan sehat

KOMPAS.com - Banyak orang yang beranggapan bahwa diet sama dengan menurunkan berat badan. Padahal, sebenarnya diet adalah pola mengatur asupan nutrisi untuk mencapai hidup yang lebih sehat dan berkualitas.

Di Indonesia, sebetulnya Kementerian Kesehatan Indonesia telah mengeluarkan tumpeng gizi seimbang. Negara-negara lain pun juga memiliki piramidanya sendiri-sendiri, sesuai dengan kebutuhan zat gizi, sumber daya yang ada dan ras penduduknya.

Mari kita bandingkan piramida dari lima negara berikut:

1. Tumpeng gizi seimbang, Indonesia

Tumpeng gizi seimbangKementerian Kesehatan RI Tumpeng gizi seimbang

Tumpeng gizi seimbang adalah versi yang lebih baik daripada 4 sehat 5 sempurna. Panduan ini tidak hanya berisi panduan makan saja, tetapi juga aktivitas fisik dan kebersihan diri.

Pada bagian paling bawah dan paling besar adalah makanan pokok yang direkomendasikan untuk dikonsumsi 3-4 porsi sehari. Sementara itu, di atasnya adalah porsi sayuran yang direkomendasikan untuk dimakan 3-4 porsi dan buah 2-3 porsi.

Di atasnya lagi adalah sumber protein, baik hewani maupun nabati, yang harus dimakan 2-4 porsi sehari. Sementara itu, gula, garam dan minyak sebaiknya dibatasi.

Pastikan juga untuk minum air putih delapan gelas dalam sehari.

2. My Plate USDA

USDA My Plate USDA

Dulu, Amerika Serikat punya Piramida Panduan Makanan USDA yang terdiri atas biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, diikuti oleh protein seperti kacang-kacangan dan daging, serta pada bagian puncak adalah makanan berkalori tinggi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X