Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Piramida Diet Sehat dari Berbagai Negara, Apa Bedanya?

Kompas.com - 15/08/2019, 12:59 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Editor

KOMPAS.com - Banyak orang yang beranggapan bahwa diet sama dengan menurunkan berat badan. Padahal, sebenarnya diet adalah pola mengatur asupan nutrisi untuk mencapai hidup yang lebih sehat dan berkualitas.

Di Indonesia, sebetulnya Kementerian Kesehatan Indonesia telah mengeluarkan tumpeng gizi seimbang. Negara-negara lain pun juga memiliki piramidanya sendiri-sendiri, sesuai dengan kebutuhan zat gizi, sumber daya yang ada dan ras penduduknya.

Mari kita bandingkan piramida dari lima negara berikut:

1. Tumpeng gizi seimbang, Indonesia

Tumpeng gizi seimbangKementerian Kesehatan RI Tumpeng gizi seimbang

Tumpeng gizi seimbang adalah versi yang lebih baik daripada 4 sehat 5 sempurna. Panduan ini tidak hanya berisi panduan makan saja, tetapi juga aktivitas fisik dan kebersihan diri.

Pada bagian paling bawah dan paling besar adalah makanan pokok yang direkomendasikan untuk dikonsumsi 3-4 porsi sehari. Sementara itu, di atasnya adalah porsi sayuran yang direkomendasikan untuk dimakan 3-4 porsi dan buah 2-3 porsi.

Di atasnya lagi adalah sumber protein, baik hewani maupun nabati, yang harus dimakan 2-4 porsi sehari. Sementara itu, gula, garam dan minyak sebaiknya dibatasi.

Pastikan juga untuk minum air putih delapan gelas dalam sehari.

2. My Plate USDA

USDA My Plate USDA

Dulu, Amerika Serikat punya Piramida Panduan Makanan USDA yang terdiri atas biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, diikuti oleh protein seperti kacang-kacangan dan daging, serta pada bagian puncak adalah makanan berkalori tinggi.

Namun, piramida ini sudah tidak lagi dipakai di AS. Penggantinya adalah My Plate yang dirancang oleh mantan Ibu Negara AS Michelle Obama dan Tom Vilsack selaku perwakilan dari USDA.

Panduan baru ini menitikberatkan pada porsi sayuran dengan 40 persen sayuran, 30 persen biji-bijian, 10 persen buah dan 20 persen protein yang ditemani dengan satu sajian produk susu.

2. Piramida makanan Belgia

Piramida Makanan Belgia yang menyarankan konsumsi junk food sesedikit mungkinFLEMISH INSTITUTE FOR HEALTHY LIVING Piramida Makanan Belgia yang menyarankan konsumsi junk food sesedikit mungkin

Piramida makanan Belgia menerangkan secara spesifik makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dalam porsi yang banyak maupun sedikit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com