Makanlah Ayam, Bukan Sapi untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kompas.com - 09/08/2019, 19:06 WIB
Ilustrasi daging ayam shutterstockIlustrasi daging ayam

KOMPAS.com- Penelitian terbaru menemukan bahwa mengganti daging merah dengan unggas dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita secara drastis.

Para peneliti dari the National Institute of Environmental Health Sciences di Amerika Serikat menemukan bahwa memakan banyak daging merah berkaitan dengan meningkatnya risiko kanker payudara; sedangkan mengonsumsi lebih banyak unggas seperti, ayam, kalkun, dan bebek dapat menurunkan risiko kanker payudara.

" Daging merah telah diidentifikasi seperti karsinogen," kata Dr Dale Sandler yang telah mempublikasikan penelitian ini dalam International Journal of Cancer.

"Penelitian kami menambahkan bukti lebih lanjut bahwa mengonsumsi daging merah berkaitan dengan meningkatnya risiko kanker payudara, sedangkan unggas berkaitan dengan turunnya risiko tersebut," ujarnya lagi.

Baca juga: Halo Prof! Apakah Kanker Payudara Bisa Turun ke Anak Perempuan?

Untuk penelitian tersebut, para ilmuwan mengamati konsumsi daging dan praktik memasak daging dari 42.012 wanita selama tujuh tahun.

Dalam lanjutan penelitian tersebut, para peneliti mendiagnosis 1.536 kasus kanker payudara invasif pada partisipan.

Partisipan yang mengonsumsi daging merah dalam jumlah tertinggi ditemukan memiliki risiko kanker payudara 23 persen lebih besar daripada mereka yang mengonsumsi dalam jumlah terrendah.

Sementara itu, wanita yang mengkonsumsi unggas dalam jumlah tertinggi dalam makanan mereka memiliki risiko 15 persen lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi unggas dalam jumlah terrendah.

Temuan ini tidak terpengaruh oleh faktor-faktor lain, seperti aktivitas fisik, obesitas dan mengkonsumsi alkohol, yang telah diperhitungkan. Temuan juga tidak ada hubungannya dengan cara memasak.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X