3 Penyakit yang Harus Diwaspadai Saat Cuaca Dingin

Kompas.com - 06/08/2019, 13:43 WIB
Ilustrasi kedinginan, menggigil. Ilustrasi kedinginan, menggigil.

KOMPAS.com - Meski Indonesia merupakan negara tropis, ada kalanya cuaca terasa lebih dingin daripada biasanya. Bersamaan dengan cuaca yang lebih dingin, ada beberapa penyakit yang patut diwaspadai.

Dikutip dari Mayo Clinic: Family Health Book terbitan Intisari, berikut adalah berbagai macam penyakit yang bisa dipicu oleh udara dingin:

1. Biduran

Biduran sangat umum terjadi. Sekitar 20 persen orang pernah mengalami biduran atau urtikaria setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Biasanya, keadaan ini dapat disebabkan oleh alergi internal maupun eksternal. Namun, biduran juga bisa dipicu oleh udara dingin karena pada orang dengan alergi dingin, suhu tubuh yang lebih rendah membuat sel darah putih melepaskan histamin ke aliran darah. Akibatnya, timbul reaksi alergi berupa bentol-bentol biduran.

Jika Anda terkena biduran, jangan panik. Anda dapat mengkonsumsi obat yang mengandung antihisamin untuk mengatasinya. Selain itu, usahakan menggunakan pakaian tebal serta menghindari makanan-makanan pemicu biduran lainnya, seperti kerang, ikan, kacang-kacangan, telur serta susu.

Baca juga: Sedang Gatal-gatal? Berikut adalah Penyebab dan Cara Mengobatinya

2. Asma

Asma seringkali dianggap sepele oleh orang lain. Padahal, lebih dari 5.000 orang Amerika meninggal setiap tahun akibat asma. Setiap tahun juga terdapat 400.000 penderita asma yang dirawat di rumah sakit.

Asma merupakan kondisi kronis yang terjadi saat saluran paru-paru (bronkus) meradang. Otot-otot dinding bronkus mengerut, dan selaput lendir yang melapisi dinding bronkus memproduksi lebih banyak lendir yang menyebabkan saluran pernapasan menyempit. Serangan asma dapat berlangsung beberapa menit hingga berhari-hari.

Penyebab asma adalah alergi atau keturunan. Namun, asma juga dapat dipicu oleh berbagai faktor lainnya, termasuk udara dingin. Udara dingin merupakan pemicu asma karena sel-sel tubuh yang bertugas untuk melawan virus melemah pada suhu yang rendah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X