Suhu Dingin Landa Wilayah Jawa, Ini Saran Dokter

Kompas.com - 19/07/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi kedinginan, menggigil. Ilustrasi kedinginan, menggigil.

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia akhir-akhir ini merasakan suhu dingin pada malam hari. Bahkan, suhu Bandung, Lembang, 

Dokter umum RSU Hermina Purwokerto, dr. Raditya Bagas Wicaksono mengatakan, selama menghadapi suhu dingin yang terjadi memang tidak ada saran khusus.

Hanya saja, dia menganjurkan untuk menggunakan pakaian hangat bila akan keluar rumah dan memperbanyak konsumsi buah agar asupan vitamin bertambah.

Dia juga menyarankan agar menambah suplemen jika merasa tubuh kurang fit.

Baca juga: Warga Keluhkan Suhu Dingin, BMKG Sebut Puncaknya Terjadi pada Agustus

"Bisa multivitamin yang mengadung vitamin C dan vitamin B kompleks, atau bisa juga suplemen lain yang mengandung echinazea, zinc," ujar Bagas kepada Kompas.com, Kamis (18/7/2019).

Merangkum dari Hello Sehat, vitamin B juga bisa didapat dari buah pisang yang juga mengandung magnesium. Kedua kandungan ini membantu tiroid dan kelenjar adrenal menghangatkan tubuh saat suhu dingin.

Dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman ini juga menganjurkan agar meningkatkan olahraga untuk penyesuaian tubuh agar tetap memproduksi panas.

Kondisi suhu dingin ini menurut Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indra Gustari mengatakan, kondisi ini merupakan salah satu karakteristik musim kemarau.

Menurut Indra, pada musim kemarau, suhu memang menjadi rendah. Ini karena tidak ada awan yang menangkap panas sehingga, panas yang ada di bumi langsung dilepaskan ke atmosfer.

Indra menambahkan, berdasarkan data historis, suhu dingin yang terjadi pada musim kemarau tahun ini berada di posisi terendah dibanding rata-rata.

Lebih lanjut, Indra mengungkapkan, suhu dingin ini akan berlanjut hingga September. Adapun puncaknya akan berlangsung pada Bulan Agustus. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X