Sedang Gatal-gatal? Berikut adalah Penyebab dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 05/08/2019, 16:33 WIB
Ilustrasi gatalshutterstock Ilustrasi gatal

KOMPAS.com - Anda pasti pernah mengalami yang namanya gatal-gatal atau pruritus. Gatal-gatal tentu sangat mengganggu keseharian Anda. Selain itu, gatal-gatal pada kulit juga bisa membekas jika Anda terus menggaruknya.

Sebetulnya, apa sih penyebab gatal-gatal dan bagaimana cara mengobatinya? Dilansir dari Mayo Clinic: Family Health Book terbitan Intisari, berikut adalah penjelasannya:

Penyebab gatal-gatal

Gatal-gatal biasanya disebabkan oleh kulit kering. Namun, rasa gatal juga dapat muncul akibat penyakit atau kelainan. Kadang-kadang, rasa gatal bisa menjadi pertanda adanya kelainan sistem pada tubuh, seperti hati, ginjal, serta kelainan darah.

Selain kulit kering dan penyakit dalam tubuh, ada beberapa faktor eksternal yang bisa menyebabkan gatal-gatal, seperti gigitan serangga, jamur, dan stres. Sementara itu, gatal-gatal yang disebabkan oleh stres disebut juga dengan gatal psikogenik.

Obat gatal-gatal

Untuk mengurangi gatal, ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Meminum antihisamin

Antihistamin bekerja dengan mengobati reaksi energi, sehingga obat ini efektif untuk mengurangi rasa gatal akibat biduran, ruam akibat obat, dan penyakit kulit lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X