Alasan Tenggorokan Terasa Pahit Habis Pakai Obat Tetes Mata

Kompas.com - 05/08/2019, 10:26 WIB
Ilustrasi tetes mata. Ilustrasi tetes mata.

KOMPAS.com - Obat tetes mata adalah barang wajib yang harus digunakan saat mata kering dan gatal.

Meski membuat mata menjadi lebih nyaman, tidak sedikit orang yang mengeluhkan tenggorokan terasa pahit ketika menelan setelah menggunakan obat tetes mata.

Melansir Hello Sehat, hal ini bisa terjadi karena ada saluran yang menghubungkan antara kelenjar mata dengan hidung (nasolakrimalis), dan dilanjutkan oleh hidung dengan tenggorokan.

Jika diperhatikan lebih mendalam, ada lubang berukuran cukup kecil pada bagian dalam kelopak mata bawah yang disebut sebagai punctum lakrimal (puncta).

Baca juga: Lingga-Yoni: Kenapa Orang Memejamkan Mata saat Bercinta dan Ciuman?

Itu sebabnya, ketika Anda sedang menangis, memakai obat tetes mata, maupun melakukan hal-hal lainnya yang membuat mata berair, maka cairan tersebut akan mengalir masuk ke dalam saluran nasolakrimal.

Selanjutnya, cairan dari mata akan berakhir di saluran bagian belakang yang berhubungan langsung dengan hidung dan tenggorokan, yang juga berdekatan dengan saluran kerongkongan.

Ini yang nantinya tanpa sadar membuat Anda seolah dapat merasakan rasa dari air mata, bahkan rasa pahit dari obat tetes mata yang Anda gunakan tepat saat menelan ludah.

Apakah kondisi ini normal?

Setelah mengalami tenggorokan terasa pahit saat menelan tepat usai pakai obat tetes mata, Anda mungkin akan mengira ini merupakan efek samping dari obat atau berpikir bahwa rasa pahit yang muncul sebagai tanda ada yang tidak beres dengan obat tetes mata Anda.

Pada dasarnya, tenggorokan yang pahit ketika menelan setelah pakai obat tetes mata merupakan kondisi normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Karena toh, rasa pahit tersebut biasanya tidak akan berlangsung lama dan akan segera hilang beberapa detik kemudian.

Baca juga: Muncul Bercak Putih di Tenggorokan, Apa yang Harus Dilakukan?

Akan tetapi, jika rasa pahit karena obat tetes mata masih terus bertahan di tenggorokan, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikannya lebih lanjut dengan dokter.

Apalagi bila sampai mengganggu aktivitas dan memengaruhi rasa makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X