4 Cara untuk Hidup Lebih Sehat pada Akhir Pekan

Kompas.com - 03/08/2019, 18:40 WIB
Ilustrasi olahraga bersepeda SHUTTERSTOCKIlustrasi olahraga bersepeda

KOMPAS.com - Bagaimana akhir pekan Anda sejauh ini? Sudahkah Anda melakukan kegiatan yang produktif? Atau Anda justru bermalas-malasan di rumah seharian?

Jika jawabannya yang kedua, Anda harus berhati-harti. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup menjadi lebih buruk pada akhir pekan bisa menyebabkan kualitas tidur menurun dan berat badan bertambah.

Daripada bermalas-malasan, lakukanlah empat kegiatan berikut ini untuk akhir pekan yang lebih sehat:

1. Bangun seperti hari kerja

Pada akhir pekan, Anda mungkin tidak ingin melakukan apapun selain meringkuk di kasur lebih lama. Namun, ini bukan cara terbaik untuk menggantikan kurangnya tidur di hari-hari sebelumnya.

Baca juga: Pola Hidup Sehat Tingkatkan Kepercayaan Diri Remaja

Menurut, National Sleep Foundation (NFS), tidur lama di akhir pekan bisa membuat pola tidur Anda terganggu. Akibatnya, Anda bisa menjadi sulit tertidur pada waktu biasanya, atau bangun pagi untuk pergi bekerja.

Itulah sebabnya Anda harus tetap menjaga pola tidur dan bangun pada waktu biasanya. Kalaupun Anda benar-benar ingin molor pada akhir pekan, jangan molor lebih dari satu jam, saran NFS.

2. Berolahraga

Menurut studi terbaru, jika pada hari-hari biasa Anda terlalu sibuk bekerja hingga tidak sempat untuk berolahraga; Anda bisa berolahraga pada akhir pekan, dan masih bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti orang-orang yang berolahraga setiap hari.

Dalam eksperimen, para peneliti mempelajari para " weekend warriors" yang memaksakan diri melakukan olahraga sekali atau dua kali dalam seminggu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X