Agung Hercules Meninggal karena Kanker Otak, Bagaimana Seseorang Didiagnosa Derita Penyakit Ini?

Kompas.com - 02/08/2019, 07:44 WIB
Ilustrasi sel kanker ShutterstockIlustrasi sel kanker

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor dan komedian Agung Hercules meninggal dunia karena penyakit kanker otak glioblastoma stadium 4 yang dideritanya.

Informasi mengenai sakit kanker otak pada Agung Hercules diketahui publik sejak Juni 2019.

Kanker glioblastoma merupakan salah satu jenis tumor otak ganas yang berkembang dengan cepat dan biasanya menyerang orang dewasa.

Umumnya, penderita glioblastoma akan mengeluhkan beberapa gejala seperti sakit kepala yang tak kunjung hilang, penglihatan kabur, mual, kejang, serta penurunan kemampuan berpikir dan belajar.

Ketika gejala itu muncul, bagaimana seseorang dapat didiagnosa menderita glioblastoma?

Dilansir dari Hellosehat, ada dua cara medis yang bisa dilakukan untuk menetapkan diagnosis glioblastoma pada seseorang.

Dua cara itu adalah pemeriksaan fisik dan CT Scan/MRI.

Untuk pemeriksaan fisik, tenaga medis akan memeriksa segala kemampuan yang berkaitan dengan fungsi sistem saraf, yakni penglihatan, pendengaran, keseimbangan, koordinasi, kekuatan otot, dan tanggapan refleks pada seseorang.

Tindakan ini dilakukan untuk menilai respons otot dan kemampuan sensorik pasien.

Jika ditemukan adanya gejala tumor otak, umumnya dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan pemeriksaan citra otak, seperti CT Scan atau MRI.

Pemeriksaan CT Scan atau MRI dilakukan agar dokter mengetahui pasti letak tumor otak berkembang.

Selain itu, pemeriksaan MRI biasa dilakukan menggunakan cairan kontras.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X