Penemu Titanic Berambisi Mencari Keberadaan Pesawat Amelia Earhart

Kompas.com - 01/08/2019, 17:33 WIB
Amelia Earhart dan Fred Noonan mendiskusikan sebuah peta pasifik yang menunjukkan rute penerbangan mereka.Bettman/National Geographic Amelia Earhart dan Fred Noonan mendiskusikan sebuah peta pasifik yang menunjukkan rute penerbangan mereka.

KOMPAS.com - Saat mendengar kata Titanic, mungkin sebagian besar Anda langsung terbayang kisah cinta Jack dan Rose dalam. Tapi, selain kisah cinta yang menyentuh, Titanic juga dikenal dengan tragedi tenggelamnya kapal pesiar itu.

Film Titanic sendiri dibuat setelah kapal besar itu ditemukan oleh Robert Ballard dalam misi pencarian yang cukup panjang.

Ingin mengulang kesuksesannya, Ballard kini sedang menjalankan sebuah misi baru untuk menemukan Electra, pesawat Amelia Earhart yang telah lama hilang.

Pesawat yang dinavigatori oleh Fred Noonan itu menghilang pada 1937 ketika ia sedang mencoba memecahkan rekor sebagai pilot perempuan pertama yang mengelilingi dunia.

Baca juga: Analisis Forensik Baru Yakini Tulang Nikumaroro Milik Amelia Earhart

Anehnya, sejak baik Amelia dan pesawatnya raib begitu saja bak ditelan bumi. Hal ini membuat banyak penjelajah dan peneliti terobsesi dengan hilangnya pilot perempuan itu.

Bahkan, kasus ini disebut-sebut menjadi misteri yang belum terpecahkan di abad ke-20.

Misteri ini juga menggelitik Ballard dengan ambisi untuk menemukan Electra.

Merangkum dari The Washington Post, Rabu (24/07/2019), Ballard berencana untuk mempelajari pulau kecil Nikumaroro di Pasifik (yang sebelumnya dikenal sebagai Pulau Gardner) Agustus ini.

Pulau tersebut diyakini oleh beberapa sejarawan sebagai tempat jatuhnya pesawat Electra. Bahkan, mereka berpikir mungkin Earhart tinggal di pulau itu sebagai orang buangan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X