Pertama dalam Sejarah, Paus Tertangkap Kamera Telan Singa Laut

Kompas.com - 01/08/2019, 14:00 WIB
Foto paus bungkuk telan singa laut Foto paus bungkuk telan singa laut

KOMPAS.com - Chase Dekker meyakini foto jepretannya yang menunjukkan paus bungkuk yang sedang "menelan" singa laut adalah peristiwa pertama semacam itu yang ditangkap kamera.

Fotografer alam liar sekaligus peneliti biologi kelautan ini sedang menumpang sebuah kapal bersama sekumpulan pengintai paus di perairan Monterey Bay, California, pada 22 Juli, ketika peristiwa tersebut berlangsung.

"Kelompoknya tidak besar, hanya tiga paus bungkuk dan sekitar dua ratus singa laut," kata Chase kepada BBC.

"Kami pernah melihat kelompok 100 paus dan 3.000 singa laut, jadi benar-benar menakjubkan," sambungnya.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Peneliti Abadikan Momen Hiu Paus Kawin

Hewan-hewan yang disaksikan Dekker dan orang-orang lain di kapal itu sedang menyantap ikan teri yang ditaburkan di permukaan laut ketika mulut seekor paus melahap sesuatu yang besar.

"Kami melihat mereka makan untuk jangka waktu yang lama dan tiba-tiba ada kejadian ini—yang saya sebut peristiwa sekali seumur hidup. Saya masih tidak mempercayainya," tuturnya.

"Saya hanya punya sepersekian detik ketika paus itu muncul untuk benar-benar menyadari bahwa singa laut berada di atas paus, sebelum kemudian mengabadikan rentetan kejadiannya," imbuhnya.

Chase "yakin lebih dari 100 persen" bahwa singa laut tersebut baik-baik saja setelah sempat berada di mulut paus.

Pasalnya, paus bungkuk tidak punya gigi di dalam mulutnya, hanya sistem penyaring makanan sehingga singa laut tidak pantas berada di situ.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X