Siaga Parasit Malaria Kebal Obat di Asia Tenggara, Termasuk Indonesia?

Kompas.com - 31/07/2019, 08:09 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.com - Berdasarkan penelitian, diketahui saat ini terdapat parasit malaria yang resisten terhadap obat dan tengah menyebar di kawasan Asia Tenggara.

Parasit malaria yang resistan atau kebal terhadap dua obat anti-malaria, ditemukan di Laos, Vietnam, dan Thailand, setelah menyebar dengan cepat dari Kamboja.

Para peneliti dari Wellcome Sanger Institute, Oxford University, dan Mahidol University, berdasarkan pengamatan genomik menemukan parasit malaria jenis KEL1/PLA1 yang sudah berevolusi dan mengalami mutasi genetik sehingga membuatnya makin resisten terhadap obat-obatan.

Penanganan pertama malaria di kawasan Asia pada umumnya dilakukan dengan memberikan kombinasi obat dihydroartemisinin dan piperaquine, atau yang biasa dikenal dengan istilah DHA-PPQ.