Jamur Pembasmi Nyamuk Malaria Diuji di Burkina Faso, Afrika Barat

Kompas.com - 02/07/2019, 10:27 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Sedunia ( WHO) mengatakan hampir separuh populasi dunia berisiko terkena malaria.

Upaya untuk memberantas penyakit ini memerlukan dua cara, yaitu melawan penyakit itu atau membasmi nyamuk anopheles yang membawa penyakit itu. Para periset Universitas Maryland sedang menguji coba sebuah cara baru untuk membasmi nyamuk di Burkina Faso, Afrika Barat.

Menurut sebuah organisasi pengawas malaria, penyakit yang dibawa oleh nyamuk itu adalah penyebab utama kematian anak di negara Afrika, Burkina Faso.

Baca juga: Jamur Ini Hasilkan Racun Laba-laba untuk Bunuh Nyamuk Malaria

Dramane Ouedraogo kehilangan anaknya yang meningga dunia akibat malaria.

"Kehilangan seorang anak sangat menyedihkan bagi saya, atau bagi orangtua manapun. Jadi apabila kita bisa menemukan solusi atas penyakit yang menewaskan anak saya dan orang lain, kita akan bersyukur. Mereka harus melakukan segala upaya untuk memberantas penyakit ini. Mereka harus membantu kita. Kami punya harapan dan kami bahagia dengan kemajuan proyek ini."

Lebih dari separuh populasi dunia berisiko mengidap malaria, terutama di Afrika.

Dan di wilayah itulah para periset Universitas Maryland menguji coba sebuah jamur yang bisa membunuh nyamuk yang menyentuhnya.

"Kami ambil gen laba-laba untuk menghasilkan racun selektif serangga, kemudian menaruh gen itu ke dalam cendawan dengan diatur promoter (penggalak) yang hanya bekerja dalam darah serangga."

Jamur itu bekerja cepat dan efektif pada nyamuk-nyamuk pembawa malaria begitu jamur itu bersentuhan dengan nyamuk.

"Apabila jamur ini melekat di tubuh nyamuk, jamur akan mengetahui itu dan menyusup ke dalam tubuh nyamuk," kata Brian Lovett dari Universitas Maryland.

Dalam uji coba, begitu jamur itu dilepaskan ke sebuah populasi nyamuk, nyamuk-nyamuk itu mati dalam sebulan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X