Viral Tolak Gaji 8 Juta, Pakar Pendidikan Sebut Logikanya Tidak Jalan

Kompas.com - 25/07/2019, 19:01 WIB
Instagram story seorang yang mengaku fresh graduate lulusan Universitas Indonesia viral di media sosial. Tangkapan layar instagram story tentang gaji fresh graduate yang viralInstagram story seorang yang mengaku fresh graduate lulusan Universitas Indonesia viral di media sosial.

KOMPAS.com - Media sosial twitter diramaikan dengan tagar #gaji8juta sejak Kamis (25/07/2019). Hastag ini menjadi trending menyusul unggahan sebuah akun yang tidak diketahui identitasnya.

Dalam unggahan tersebut, penulis pesan mengungkapkan keluhannya atas tawaran gaji sebesar Rp 8 juta yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.

"Jadi tadi gue di undang interview kerja perusahaan lokal. Dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Helllooo, meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI Pak!! Universitas Indonesia." tulis narasi dari akun tersebut.

"Jangan disamain ama fresh graduate kampus lain dong ah...level UI mah udah perusahaan LN, kalai lokal mah oke aja asal harga cucok," demikian isi unggahan itu.

Baca juga: Viral Fresh Graduate Tolak Gaji Rp 8 Juta, Kenapa Kita Bisa Ikut Terbawa Emosi?

Unggahan tersebut kemudian mendapat berbagai respons dari warganet. Kabanyakan menyangkan isi narsi itu yang melepas kesempatan mendapat pekerjaan dengan gaji 8 juta.

Meski begitu, sebenarnya "menghargai" diri untuk sebuah pekerjaan adalah hal yang sah-sah saja dan wajar dilakukan siapapun. Pendapat senada juga diungkap oleh pengamat pendidikan, Doni Kusuma Albetrus.

"Meminta gaji besar adalah hak individu. Siapa saja boleh. Bukan hanya orang lulusan UI," ungkap Doni saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/07/2019).

"Individu juga berhak menolak perusahaan tertentu. Ini bebas-bebas saja di alam demokrasi," tegasnya.

Hal ini juga diungkapkan oleh psikolog dan talent management Engineering Career center Universitas Gadjah Mada, Gita Aulia Nurani.

Gita menuturkan, bisa jadi, sebelum melamar sebuah pekerjaan orang sudah melakukan riset atau mencari informasi gaji yang sesuai dengan jurusan dan bidang kerja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X