Awas, Kelamaan Main Gadget Bisa Picu Kram, Kebas, dan Kesemutan

Kompas.com - 17/07/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi ponseldmbaker Ilustrasi ponsel


KOMPAS.com - Ada yang kurang rasanya kalau sehari tanpa gadget. Namun perlu diingat, gadget tak hanya membuat kecanduan tapi juga bisa menimbulkan 3K, yakni kram, kebas, dan kesemutan di beberapa bagian tubuh seperti tangan, leher, punggung, atau bahu.

Bermain gadget selama beberapa jam sering kali dilakukan dengan kepala menunduk atau sambil tiduran. Bila posisi ini terlalu lama dilakukan, bisa menyebabkan saraf otot di beberapa bagian tubuh menjadi kaku, kram, kebas, dan kesemutan.

Menurut sebuah penelitian dari Korea, kram atau sakit di bagian leher memang bisa disebabkan karena main gadget kelamaan. Selain kram, posisi tubuh saat main gadget juga dapat membuat otot leher nyeri dan kaku.

Penelitian tersebut menguji beberapa orang yang sering main game terlalu lama. Hasilnya ditemukan bahwa di 16 menit pertama, para peserta sudah merasakan gejala nyeri kram.

Baca juga: Jangan Hanya Dilarang, Korban Kecanduan Game Juga Harus Disembuhkan

Selain itu, dampak dari main gadget kelaman dapat menyebabkan otot leher terasa nyeri dan postur kepala bisa jadi condong ke depan.

Perubahan ini disebabkan karena layar gadget yang umumnya berukuran kecil. Maka, mau tidak mau Anda pasti harus menunduk ke depan untuk melihat layar handphone dengan jelas. Bila kelamaan, kepala dan leher akan berubah condong ke depan seperti membungkuk.

Sedangkan menurut dr. Tom DiAngelis dari American Physical Therapy Association’s Private Practice Section, main gadget terlalu lama berisiko menimbulkan tekanan berlebihan pada tubuh. Tekanan bisa terasa pada bagian punggung atau tulang belakang, leher, dan jari. Tekanan tersebut bisa menimbulkan kram, tegang, dan kesemutan karena main gadget.

Ketika sedang tidak main game, normalnya tulang belakang Anda menahan posisi kepala seberat 4 kilogram. Nah, saat main game di mana umumnya posisi kepala condong ke depan, berat kepala yang harus ditahan bisa lebih berat mencapai 13 kilogram.

Hal tersebut pastinya memberikan beban berlebih pada tulang belakang Anda. Tak jarang kram, kebas, dan kesemutan karena main gadget terlalu lama ini dirasakan di bagian punggung, leher, atau bahkan jari tangan yang menopang hp atau tablet.

Bagaimana cara mengatasi kram?

Kram, kebas, dan kesemutan bisa diatasi bila Anda menjaga otot dan fungsi saraf tetap baik. Berikut adalah beberapa cara untuk menyiasati kram, kebas, dan kesemutan akibat main gadget kelamaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X