Foto-foto Gerhana Bulan Sebagian Rabu Dini Hari dari Observatorium UAD

Kompas.com - 17/07/2019, 07:18 WIB
Foto atau wajah gerhana bulan sebagian pada Rabu (17/7/2019) pada sekitar waktu puncak gerhana.Youtube/UAD Foto atau wajah gerhana bulan sebagian pada Rabu (17/7/2019) pada sekitar waktu puncak gerhana.

KOMPAS.com — Gerhana Bulan sebagian terjadi pada Rabu dini hari (17/7/2019) dengan puncak pukul 04.03 WIB. Sejumlah pihak menggelar pengamatan langsung, di antaranya Planetarium Jakarta dan Observatorium Universitas Ahmad Dahlan.

Mendokumentasikan hasil pengamatannya di video YouTube, Observatorium Universitas Ahmad Dahlan mengungkap wajah Bulan saat mengalami gerhana Bulan sebagian. Video mengabadikan momen saat Bulan mulai tertutup hingga puncak dan saat gerhana hampir usai.

Baca juga: Panduan Lihat Gerhana Bulan Sebagian Rabu Dini Hari, Gerhana Bulan Kasatmata Terakhir hingga 2021

Seperti apa wajahnya? Berikut foto-fotonya...

Foto atau wajah gerhana bulan sebagian pada Rabu (17/7/2019) dini hari pada saat awal kontak.Youtube/UAD Foto atau wajah gerhana bulan sebagian pada Rabu (17/7/2019) dini hari pada saat awal kontak.

Foto atau wajah gerhana bulan sebagian pada Rabu (17/7/2019) saat muka bulan mulai banyak yang tertutup.Youtube/UAD Foto atau wajah gerhana bulan sebagian pada Rabu (17/7/2019) saat muka bulan mulai banyak yang tertutup.

Baca juga: Gerhana Bulan Sebagian Rabu Dini Hari, Bakal Ditemani 2 Planet Ini

 

Foto atau wajah gerhana bulan sebagian pada Rabu (17/7/2019) saat setengah wajah bulan tertutup.Youtube/UAD Foto atau wajah gerhana bulan sebagian pada Rabu (17/7/2019) saat setengah wajah bulan tertutup.

Foto atau wajah gerhana bulan sebagian pada Rabu (17/7/2019) mendekati akhir gerhana. Youtube/UAD Foto atau wajah gerhana bulan sebagian pada Rabu (17/7/2019) mendekati akhir gerhana.

Gerhana Bulan terjadi karena bumi berada di antara Bulan dan Matahari. Bila benar-benar berada di garis lurus, akan terjadi gerhana Bulan total. Bila tidak, akan terjadi gerhana Bulan sebagian.

Gerhana Bulan sebagian pada Rabu dini hari istimewa karena merupakan gerhana terakhir pada 2019. Gerhana Bulan juga tidak akan bisa teramati lagi sebelum 26 Mei 2019. Seluruh gerhana Bulan pada 2020 merupakan gerhana bulan penumbra sehingga tak kasatmata.

Baca juga: Teka-teki Terpecahkan, Purnama Memang Bisa Memicu Gempa

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X