Panduan Lihat Gerhana Bulan Sebagian Rabu Dini Hari, Gerhana Bulan Kasatmata Terakhir hingga 2021

Kompas.com - 16/07/2019, 08:36 WIB
Gerhana bulan sebagian di Sydney, Australia pada 27 Juli 2018. SAEED KHANGerhana bulan sebagian di Sydney, Australia pada 27 Juli 2018.

KOMPAS.com - Gerhana bulan kembali bisa disaksikan dari Indonesia pada Rabu 916/7/2019) dini hatri. Kali ini, fenomena yang akan terjadi adalah gerhana bulan sebagian.

Astronom amatir Marufin Sudibyo mengatakan, gerhana bulan sebagian kali ini akan menjadi gerhana kasatmata terakhir pada 2019 dan takkan terulang hingga 26 Mei 2021.

Data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkap, seluruh gerhana bulan yang terjadi pada 2020 adalah gerhana bulan penumbra, karenanya tak bisa dilihat perbedaanya dengan purnama biasa. Tak seperti gerhana bulan sebagian kali ini.

Lantas bagaimana melihat gerhana bulan sebagian Rabu dini hari nanti? Meski tak ada yang spesial, ada triknya agar tak terlalu bosan menunggu.

Waktu

Gerhana bulan sebagian kali ini akan terjadi Rabu dini hari. Karenanya lebih baik beristirahat dahulu sebelum menyaksikannya.

Berdasatkan data NASA, fase awal gerhana bulan sebagian akan dimulai pukul 1.43 WIB. Namun, ini masih fase penumbra. Jadi, tak perlu khawatir melewatkannya.

Fase umbra, atau saat sebagian muka bulan memerah, akan terjadi mulai pukul 3.01 WIB. Bila anda ingin memotret tahapan gerhana bulan sebagian, maka bisa mulai mengamatinya pada waktu tersebut.

Gerhana bulan sebagian akan mencapai puncak pada pukul 4.03. Jika anda hanya ingin melihat puncak gerhana, maka bisa bangun sekitar pukul 3.50 dan mulai mengamatinya.

Baca juga: Saksikan Gerhana Bulan Kasatmata Terakhir Malam Ini, Takkan Terjadi hingga 2021

Fase umbra gerhana bulan sebagian akan berakhir pukul 5.59 WIB. Namun karena faktor matahari, kemungkinan besar anda hanya bisa menyaksikannya hingga sekitar pukul 5.00 WIB.

Lihat ke Arah Mana

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X