Mulut Diplester Andien hingga Cuci Usus Syahrini, Artis Indonesia dan Kontroversinya

Kompas.com - 14/07/2019, 14:40 WIB
Andien dan keluarga membiasakan diri untuk tidur dengan mulut diplester. Andien dan keluarga membiasakan diri untuk tidur dengan mulut diplester.

KOMPAS.com - Sejumlah artis Indonesia punya metode tersendiri untuk menjaga kecantikan, kesehatan, berat badan, maupun dalam mengasuh anak. Acapkali, pilihan metode mereka menimbulkan kontroversi baik di ranah publik maupun medis.

Siapa saja artis yang pernah timbulkan kontroversi itu? Bisakah kita tiru metode mereka? Bagaimana kalangan medis menjelaskan kontroversi itu? Simak kisah 5 artis ini.

Andien dan Mulut Diplester

Beberapa hari lalu, keluarga artis Andien mengunggah foto dengan mulut diplester di akun Instagramnya. Andien mengaku memplester mulutnya saat tidur.

Ia mengatakan, dirinya sempat mengikuti workshop Buteyko Breathing. Dalam acara itu, ia mendapat penjelasan bahwa teknik pernafasan itu bisa menyembuhkan 200 penyakit kronis.

Menurutnya, teknik bernafas itu sangat bermanfaat. Namun ia buru-buru menambahkan, "Kalau belum punya kesempatan itu, mulai dengan memplester mulut ketika tidur."

Baca juga: Pro Kontra Andien dan Keluarga Plester Mulut Saat Tidur

Nah, apakah memplester mulut saat tidur benar-benar memberi manfaat?

Konsultan Laring Faring Departemen THT-KL FKUI RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Fauziah Fardizza, SpTHT-KL (K) menjelaskan, manusia bernapas melalui hidung tetapi ada kalanya lewat mulut.

Buteyko berguna memperbaiki kualitas udara yang masuk ke paru-paru. Syarat kualitasnya adalah suhu 3 derajat Celsius dan kelembaban 100 persen.

Sebenarnya, Buteyko bermanfaat untuk orang dengan asma. Saat orang asma kumat, orang asma bernafas dengan hiperventilasi. Ini bisa diperbaiki dengan buteyko.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X