Salah Cetak Lorem Ipsum di "Harian Kompas", Begini Asal-usul Teksnya

Kompas.com - 10/07/2019, 16:01 WIB
Teks Lorem Ipsum yang tidak sengaja tertinggal di beranda Harian Kompas, Rabu (10/7/2019) Harian KompasTeks Lorem Ipsum yang tidak sengaja tertinggal di beranda Harian Kompas, Rabu (10/7/2019)

KOMPAS.com – Pada hari Rabu (10/7/2019), pembaca Harian Kompas mendapati bahwa di bagian beranda masih tertinggal teks Lorem Ipsum. Sebagai permohonan maaf, Harian Kompas menawarkan diskon 30 persen dengan menggunakan kode KOMPASLOREMIPSUM saat berbelanja di gerai.kompas.id.

Bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia desain grafis, Lorem Ipsum adalah pemandangan sehari-hari dan mungkin kesalahan yang juga pernah dilakukan.

Teks ini digunakan untuk mencontohkan bagaimana sebuah layout rancangan grafis atau web membingkai tulisan, tanpa mendistraksi dari layout itu sendiri.

Teks ini menjadi populer ketika Letraset menggunakannya dalam decal mereka pada 1960-an dan mendunia ketika banyak pembuat software, mulai dari Aldus PageMaker hingga Microsoft Word,memasukannya ke dalam program mereka pada 1990-an.

Baca juga: NASA Temukan Logo Starfleet dari Film Serial Star Trek di Mars

Asal muasal Lorem Ipsum

Banyak orang menganggap bahwa teks Lorem Ipsum tidak bermakna apa-apa. Majalah Before & After, misalnya, menyebut bahwa Lorem Ipsum bukan bahasa Latin meski tampaknya demikian (Latin), dan sebetulnya tidak mengatakan apa-apa.

Namun, menurut Richard McClintock, seorang sarjana bahasa Latin dari Hampden-Sydney College, Lorem Ipsum pernah punya makna dan berasal dari teks berbahasa Latin.

McClintock menemukan asal-usul teks tersebut karena mendapati kata “consectetur” di dalamnya yang merupakan kata Latin benaran, meskipun langka. Penelusuran pada kamus Latin mengantarkan McClintock ke sepenggal tulisan di dalam De Finibus Bonorum et Malorum yang ditulis oleh filsuf Romawi Cicero pada abad pertama SM.

Bagian 1.10.32-33 dari tulisan tersebut berbunyi demikian:

Neque porro quisquam est, qui dolorem ipsum quia dolor sit amet, consectetur, adipisci velit, sed quia non numquam eius modi tempora incidunt ut labore et dolore magnam aliquam quaerat voluptatem.”

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X