Langka, Peneliti Abadikan Hiu Laut Dalam

Kompas.com - 09/07/2019, 15:07 WIB
Hiu insang enam hidung tumpul Hiu insang enam hidung tumpul

KOMPAS.com - Lautan dalam menyimpan begitu banyak misteri yang belum bisa diungkap oleh manusia. Para ilmuwan percaya bahwa di lautan dalam, tinggal binatang-binatang yang sangat efisien dan mampu bertahan hidup di lingkungan ekstrem.

Salah satu hewan yang tinggal di laut dalam dan membuat para peneliti penasaran adalah hiu enam insang hidung tumpul (Hexanchus griseus).

Hiu ini masih menjadi misteri, hingga beberapa waktu lalu para ilmuwan berhasil memasang tanda pelacak.

Beberapa hal yang diketahui dari hiu ini adalah habitatnya di zona meso dan bathypelagic (sekitar 2.500 meter di bawah permukaan laut). Ikan pemangsa ini hanya akan menuju perairan yang lebih dangkal pada malam hari untuk makan.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Peneliti Abadikan Momen Hiu Paus Kawin

Karena membawa predator ini ke permukaan akan mengacaukan kehidupan hiu tersebut, para ilmuwan memasang pelacak di habitat asli mereka. Tim peneliti yang dipimpin Universitas Negeri Florida dalam ekspedisi bernama OceanX itu berhasil memasang pelacak pada 6 hiu jenis tersebut.

Merangkum dari Science Alert, Minggu (07/07/2019), peneliti menyebut hiu ini adalah keajaiban. Pasalnya, tidak seperti kerabatnya, hiu ini cenderung lebih tidak berkembang.

Ini terlihat dari jumlah insang yang mereka miliki. Keenam insang mereka merupakan peninggalan masa Jurassic Awal, ketika moyang hiu pertama kali berevolusi.

Berdasarkan fosil hiu-hiu purba, hiu enam insang hidung tumpul itu hanya berubah sangat sedikit.

Keunikan hiu ini membuat para peneliti mencoba mempelajari mereka. Para ahli kelautan di OceanX sendiri melakukan penyelaman ratusan meter di bawah laut lepas pantai Cape Eleuthera, Bahama untuk menemukan mereka.

"Malam pertama ada hiu enam insang hidung tumpul di mana-mana. Kami mencoba menembakkan pelacak... dan memantul dari kulit hiu betina," tulis OceanX dalam situs mereka.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X