Sudah Beruban meski Masih Muda, Kok Bisa?

Kompas.com - 29/06/2019, 11:31 WIB
Ilustrasi rambut ubanan itman__47Ilustrasi rambut ubanan

KOMPAS.com – Secara normal, uban biasanya muncul seiring bertambahnya usia, dan semakin banyak saat kita mendekati usia paruh baya. Oleh karena itu, uban dianggap sebagai penanda bahwa kita sudah tua.

Namun, tidak jarang pula uban muncul pada orang yang berusia masih relatif muda. Apakah ini suatu hal yang normal?

Rambut muncul dari folikel rambut, yaitu semacam kantung kecil yang berada di permukaan kulit. Folikel ini mengandung pigmen melanin, yang bertanggung jawab atas warna rambut.

Seiring bertambahnya usia, pigmen melanin ini semakin memudar, sehingga dapat menghasilkan rambut tanpa pigmen yang dikenal sebagai uban.

Baca juga: Peneliti: Uban Berkaitan dengan Sistem Imun Manusia

Penyebab munculnya uban

Sebenarnya, munculnya uban pada usia muda memiliki beberapa penyebab yang berbeda. Berikut adalah beberapa penyebab utama kemunculan uban sebelum waktunya.

1. Faktor genetik

Menurut studi, kemunculan uban prematur berkaitan kuat dengan faktor genetik. Artinya, jika terdapat kasus uban prematur di salah satu anggota keluarga, maka kita memiliki kemungkinan besar untuk mengalami hal yang sama.

Studi ini juga menemukan bahwa terdapat perbedaan usia awal kemunculan uban di usia dini pada tiap etnis. Pada etnis Kaukasian, uban dapat muncul pada usia sekitar 20 tahun, sedangkan pada populasi Asia 25 tahun dan 30 tahun pada populasi Afrika.

2. Stres

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X