Kompas.com - 28/06/2019, 20:07 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com – Mendengkur adalah salah satu hal yang seringkali menganngu tidur kita. Dengkuran keras, entah itu orangtua, saudara, pasangan, atau bahkan kita sendiri, dapat menghalangi kita mengalami tidur dengan lelap.

Namun selain mengganggu kualitas tidur, ternyata dengkuran juga punya efek lain.

Menurut studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Sleep, gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur, seperti apnea dan dengkuran, ternyata dapat mempercepat proses penuaan. Dengkuran yang sering terjadi saat tidur dapat dijadikan pertanda adanya gangguan kesehatan.

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis kondsi kesehatan dari 622 orang dewasa. Masing-masing partisipan diperiksa kondisinya saat tidur, serta diteliti sampel darahnya untuk menentukan tingkat metilasi DNA yang dapat menentukan laju proses penuaan (epigenetic age acceleration).

Baca juga: Pria yang Tidur Lebih Awal, Spermanya Juga Lebih Bagus

Hasilnya, ditunjukkan bahwa gangguan pernapasan saat tidur, termasuk mendengkur, dapat menyebabkan penuaan dini hingga 215 hari lebih cepat dari usia sebenarnya. Gangguan tidur, seperti kurang tidur atau tidur yang tidak lelap, juga diasosiasikan dengan percepatan penuaan sebesar 321 hari.

Artinya, seseorang akan tampak hampir setahun lebih tua dibandingkan usia sebenarnya jika mengalami gangguan tidur. Hal ini karena adanya perubahan metilasi DNA akibat kurangnya asupan oksigen (oxidative stress) yang menyebabkan ekspresi gen menjadi tidak normal.

“Usia biologis seseorang bisa tidak persis sama dengan usia kronologisnya. Data kami menunjukkan adanya bukti biologis yang mendukung dugaan bahwa gangguan pernapasan saat tidur yang tidak ditangani dapat menyebabkan penurunan kondisi kesehatan dan fisiologis seseorang,” terang Xiaoyu Li, peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health in Boston, seperti dilansir dari Medical Daily.