Kompas.com - 27/06/2019, 17:04 WIB

KOMPAS.com - Kita mungkin kerap melihat video gunung api meletus, tapi menyaksikan fenomena ini dari luar angkasa adalah hal langka.

Ketika gunung api di pulau tak berpenghuni Raikoke erupsi Sabtu lalu (22/6/2019), para astronot yang ada di stasiun luar angkasa Internasional (ISS) ikut menyaksikan fenomena ini.

Dari ketinggian sekitar 408 kilometer di atas puncak, para astronot ikut mengamati bagaimana gunung Raikoke bergeliat.

Raikoke merupakan pulau vulkanik terpencil dan tak berpenghuni yang berada di dekat pusat rantai Kepulauan Kuril di Laut Okhotsk, barat laut Samudra Pasifik. Pulau ini membentang sepanjang 800 kilometer dari Jepang utara sampai Rusia timur laut.

Baca juga: Letusan Gunung Berapi dapat Diprediksi dari Denyutnya

Dalam kacamata para astronot di ISS, erupsi gunung Raikoke seperti badai besar, kemudian muncul awan jamur mekar di atas puncak gunung berapi, tempat abu terlontar ke langit.

Gumpalan abu dan gas vulkanik mungkin terlontar ke angkasa lebih dari 15 kilometer.

Selain itu, suhu aliran lahar letusan gunung berapi ini diperkirakan mencapai 1.100 derajat Celsius. Bila partikel debu vulkanik ini mengenai mesin pesawat terbang komersial, sangat mungkin mesin bakal rusak dan membahayakan pesawat.

Beruntung, Raikoke merupakan pulau tak berpenghuni sehingga tidak mengancam keselamatan manusia maupun mengganggu jalur moda transportasi udara.

Karena gunung Raikoke berada di pulau terpencil tak berpenghuni, erupsinya tidak membahayakan manusia. Namun, gumpalan abu dan gas vulkanik yang membumbung ke angkasa tetap dapat disaksikan oleh para astronot.

Lantas seperti apa wujud letusan gunung berapi dari luar angkasa?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.