Serba Serbi Hewan, Apakah Ubur-ubur Memiliki Mata untuk Melihat?

Kompas.com - 17/06/2019, 17:32 WIB
ilustrasi ubur-ubur ilustrasi ubur-ubur


KOMPAS.com - Bayangkan Anda sedang menyelam di bawah laut menikmati warna-warni ikan dan terumbu karang, tapi tiba-tiba muncul segerombolan ubur-ubur dan mendekati lokasi Anda.

Karena tidak ingin tersengat ubur-ubur, perlahan tapi pasti Anda menjauh dari lokasi semula. Namun entah bagaimana ubur-ubur itu seperti mengejar Anda.

Dalam kasus seperti ini, mungkin kita akan bertanya-tanya apakah ubur-ubur memiliki mata untuk melihat di mana keberadaan kita? Bukankah tubuh mereka menyerupai agar-agar diselimuti tentakel kecil?

Baca juga: Serba Serbi Hewan, Kenapa Leher Jerapah Panjang?

Secara anatomi, ubur-ubur memang merupakan makhluk sederhana tanpa otak, hati, tulang, dan berbagai organ penting penunjang kehidupan manusia.

Alih-alih diklasifikasikan sebagai ikan, ubur-ubur merupakan jenis plankton anggota filum Cnidaria yang terdiri dari 98 persen air.

Tubuh mereka dibagi menjadi tiga lapisan, yakni epidermis sebagai lapisan terluar pelindung organ, gastrodermis sebagai lapisan dalam, dan mesoglea yang ada di antara lapisan epidermis dan gastrodermis.

Selain itu, ubur-ubur memiliki mulut berupa lubang kecil untuk mengambil makanan serta rongga gastrovaskular alias perut yang belum sempurna.

Bagian terakhir yang paling penting dari  ubur-ubur adalah tentakel. Tentakel pada ubur-ubur sangat bervariasi dari panjang dan jumlah. Inilah kunci ubur-ubur dapat "melihat".

Cara ubur-ubur melihat

Ubur-ubur melihat tidak dengan mata seperti manusia atau hewan pada umumnya.

Karena ubur-ubur tidak memiliki otak, mereka tidak mampu memproses rangsangan visual rumit. Oleh sebab itu, mereka hanya bergantung pada sensor sederhana di ujung tentakel untuk mendeteksi cahaya dan jejak kimiawi seperti bau di dalam air.

Sensor saraf sederhana di ujung tentakel mengandung protein bernama opsins.

Namun, yang perlu diingat kemampuan melihat ubur-ubur sama. Beberapa penelitian menunjukkan, setiap spesies ubur-ubur memiliki mata dengan kompleksitas berbeda.

Baca juga: Serba Serbi Hewan, Bagaimana Sih Burung Beo Menirukan Suara Manusia?

Meski begitu, jangan khawatir bila melihat ubur-ubur di laut dan terkesan mengejar kita. Sebab, mereka bukanlah pemburu mahir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X