Daya Ingat Siapa yang Lebih Baik, Perempuan atau Laki-laki?

Kompas.com - 17/06/2019, 14:13 WIB
Ilustrasi pasangan tertawa DragonImagesIlustrasi pasangan tertawa


KOMPAS.com - Daya ingat setiap orang berbeda. Ada yang mudah lupa dan ada yang mudah mengingat segala hal. Namun, sering kali laki-laki dianggap sebagai orang yang pelupa. Sementara itu, perempuan biasanya punya ingatan yang lebih tajam.

Dalam hubungan pribadi, hal ini bisa jadi sumber masalah. Misalnya ketika pasangan pria lupa ulang tahun pernikahan.

Kebanyakan pria memang mudah lupa soal hal-hal seperti ini. Lalu, apakah memang sudah kodratnya laki-laki untuk cepat lupa? Atau hanya kebetulan saja?

Baca juga: 6 Fakta Aneh Ingatan Manusia

Daya ingat perempuan terbukti lebih tajam

Perempuan ternyata punya daya ingat yang lebih baik dibandingkan laki-laki.

Sebuah penelitian neurologi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada 2015 mencatat bahwa cara kerja otak perempuan lebih efektif untuk mengingat hal-hal yang terjadi pada kehidupan sehari-hari.

Ketika diberi tugas khusus untuk menguji daya ingat peserta penelitian yang berusia 30 sampai 95 tahun, wanita mampu mengingat berbagai hal dengan baik.

Hal-hal tersebut antara lain wajah seseorang, peristiwa penting, suara, bau dan aroma, serta letak benda-benda di rumah.

Inilah mengapa seorang istri atau ibu biasanya jadi orang yang paling bisa diandalkan ketika Anda lupa menaruh dompet atau kacamata di rumah. 

Perbedaan daya ingat ini akan semakin terlihat ketika Anda memasuki usia 40-an. Studi tersebut menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia, daya ingat laki-laki akan menurun jauh lebih cepat dibanding wanita.

Bahkan di usia 60 tahun, bagian otak yang mengatur dan mengelola memori pada laki-laki mengalami penyusutan sehingga ukurannya mengecil.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X