Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zat Besi Sangat Penting untuk Bayi, Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Kompas.com - 13/06/2019, 10:16 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber


KOMPAS.com - Saat melihat bayi tumbuh dengan berat badan normal pastinya hal ini membuat ibu senang. Asupan makan bayi pun harus dijaga agar berat badan bayi selalu naik.

Di awal kehidupan bayi, ASI saja sudah bisa mencukupi kebutuhan gizinya dan membuat berat badannya terus naik dalam rentang yang normal.

Namun, ketika bayi sudah besar, menginjak usia 6 bulan, ASI saja tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi bayi, terutama zat besi. Nah, jika terjadi kekurangan zat besi pada bayi, apa sih dampaknya? Seberapa penting mencukupi kebutuhan zat besi bayi?

Baca juga: Kisah Saybie, Bayi Terkecil di Dunia yang Sanggup Bertahan Hidup

Kebutuhan zat besi bayi

Bayi baru lahir sebenarnya masih memiliki simpanan zat besi yang berasal dari ibunya selama trimester akhir kehamilan, yaitu sekitar 250-300 miligram atau sekitar 75 miligram per kg berat badan bayi.

Menurut penelitian, simpanan zat besi dalam tubuh bayi ini dapat mencukupi kebutuhan zat besi bayi setidaknya sampai bayi berusia 6 bulan. Jadi tak usah khawatir kebutuhan zat besi bayi di awal kehidupannya tidak cukup.

Selain itu, ASI yang merupakan makanan utama bayi juga dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi bayi.

Walaupun kandungan zat besi dalam ASI sangat sedikit, zat besi dalam ASI dapat lebih banyak diserap oleh bayi dibandingkan dengan makanan sumber zat besi lainnya dan juga susu formula. Sebesar 50-70 persen zat besi dalam ASI dapat diserap oleh tubuh bayi.

Namun, seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan bayi, kebutuhan zat gizi bayi pun meningkat.

Jika dilihat dalam tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013 yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, kebutuhan zat besi bayi usia 7-11 bulan adalah sebesar 7 miligram per hari.

Kebutuhan ini tentu sudah tidak dapat dicukupi oleh ASI saja karena kandungan zat besi dalam ASI sangat kecil. Ini menjadi salah satu alasan mengapa bayi usia 6 bulan ke atas harus menerima makanan padat.

Dampak kekurangan zat besi bagi bayi

Jika bayi Anda kekurangan zat besi, tanda-tandanya yaitu:

  • Kenaikan berat badan bayi berjalan pelan
  • Kulit bayi pucat
  • Bayi tidak nafsu makan
  • Bayi sering rewel
  • Bayi menjadi kurang aktif
  • Perkembangan bayi berjalan lambat

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan zat besi bayi, terutama jika bayi sudah tidak ASI eksklusif.

Jika bayi Anda masih berusia di bawah 6 bulan dan sudah tidak ASI eksklusif, Anda bisa memberinya susu formula yang sudah diperkaya dengan zat besi.

Sedangkan, untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan, Anda bisa memberinya makanan tinggi zat besi di samping ASI dan/atau susu formula.

Beberapa makanan dengan kandungan tinggi zat besi adalah:

  • Daging sapi
  • Hati ayam
  • Hati sapi
  • Bayam
  • Brokoli
  • Ikan
  • Telur
  • Sereal yang diperkaya zat besi

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Bau Orang Dewasa dan Bayi Beda?

Selain makanan tinggi zat besi, Anda juga dapat memberikan makanan tinggi vitamin C. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh menjadi lebih baik. Beberapa makanan mengandung vitamin C yang dianjurkan adalah jeruk, tomat, paprika, dan stroberi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com