Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Saybie, Bayi Terkecil di Dunia yang Sanggup Bertahan Hidup

Kompas.com - 31/05/2019, 10:50 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Lima bulan lalu seorang bayi yang diberi nama Saybie lahir ke dunia. Sesaat setelah kelahirannya, dia langsung mendapat perhatian kaum medis karena terlahir dengan berat tak jauh berbeda dengan apel berukuran besar.

Setelah mendapat perawatan intensif di sebuah rumah sakit San Diego, California, Amerika Serikat, Saybie akhirnya diperbolehkan pulang kemarin Rabu (29/5/2019).

Saybie diyakini sebagai bayi terkecil di dunia yang berhasil bertahan hidup.

Saybie lahir dengan berat 8,6 ons atau sekitar 245 gram pada Desember 2018 di Rumah Sakit Ibu dan Anak Sharp Mary Birch.

Baca juga: Waspada Baby Blues Mengintai Ibu Hamil, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Saat dilahirkan, Saybie hanya sedikit lebih berat dari apel Golden Delicious, yang beratnya kira-kira 7,5 ons.

Menurut Tiniest Babies Registry, Saybie diyakini memecahkan rekor bayi terkecil di dunia. Rekor sebelumnya dipegang seorang bayi yang lahir dengan berat badan 8,9 ons pada 2015 di Jerman, menurut Tiniest Babies Registry yang dikelola oleh Universitas Iowa.

Ibu Saybie, yang meminta untuk tidak diungkap identitasnya, melahirkan Saybie pada Desember lalu dengan operasi sesar pada minggu ke-23, 3 hari gestasi dalam Rahim, sekitar 17 minggu lebih cepat dari kehamilan pada umumnya.

"Dokter mengatakan kelahiran prematur dilakukan setelah mereka menemukan bahwa berat badan bayi tidak bertambah dan nyawa ibu terancam," kata juru bicara rumah sakit.

Saybie, yang termasuk bayi prematur mikro, dirawat di unit perawatan intensif neonatal sampai akhirnya dia diperbolehkan pulang bulan ini saat berat badannya mencapai 5,6 pounds atau sekitar 2,54 kilogram.

"Dia hampir tidak mengalami hambatan medis yang biasanya dialami bayi-bayi mikro premature, yang biasanya seperti pendarahan otak, dan masalah paru-paru dan jantung," menurut pihak rumah sakit.

Baca juga: Tak Cuma Orang Dewasa, Bayi Juga Suka Mendengar Suara Tawanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com