Studi Tunjukkan Manusia "Makan" 120.000 Mikroplastik Tiap Tahun

Kompas.com - 12/06/2019, 18:02 WIB
Mikroplastik Oregon State UniversityMikroplastik

KOMPAS.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Australia memberikan kabar buruk bagi umat manusia. Pasalnya, dalam penelitian itu ditemukan bahwa rata-rata manusia "mengonsumsi" 120.000 partikel mikroplastik setiap tahunnya.

Tentunya mikroplastik ini bukan sengaja ditelan, tapi tanpa sengaja menempel pada makanan atau terhirup melalui udara.

Pada kasus-kasus sebelumnya, mikroplastik ditemukan pada air mineral kemasan hingga pada ikan yang kita konsumsi.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mikroplastik terdapat dalam tinja manusia. Ini berarti, plastik telah "menginfeksi" seluruh kehidupan manusia.

Baca juga: Ada di Udara, Mikroplastik Menyebar Lewat Angin, Hujan dan Salju

Meski begitu, efek kesehatan terkait hal ini belum diketahui. Tapi, kabar buruknya, beberapa bagian dan jaringan tubuh manusia cukup kecil untuk dimasuki mikroplastik yang memungkinkan memicu reaksi kekebalan atau melepaskan zat beracun.

Para peneliti memperkirakan bahwa rata-rata orang mengonsumsi antara 74.000 hingga 121.000 partikel mikroplastik tiap tahun tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Pada orang yang hanya minum air kemasan tingkan konsumsinya meningkat 90.000 mikroplastik tambahan setiap tahun.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Enviromental Science & Technology ini merupakan studi pertama yang memperkirakan konsumsi mikroplastik oleh manusia.

Sejak diproduksi massal pada 1940-an, plastik segera digandrungi di seluruh dunia. Pasalnya, polimer ini cukup serba guna dan mudah dibentuk sesuai kebutuhan.

Sayangnya, masalah sampah plastik menjadi momok yang terus berkembang. Tak sampai di situ, mikroplastik pun muncul ketika produk plastik terdegradasi di lingkungan atau mengelupas saat pengemasan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X