Benarkah Larutan Penyegar Ampuh Atasi Panas Dalam?

Kompas.com - 12/06/2019, 10:03 WIB
Ilustrasi sakit tenggorokan, panas dalamg-stockstudio Ilustrasi sakit tenggorokan, panas dalam


KOMPAS.com - Sejauh ini, masyarakat Indonesia selalu mengaitkan larutan penyegar sebagai salah satu minuman yang berkhasiat menyembuhkan panas dalam. Bahkan, larutan penyegar juga digunakan untuk mencegah terjadinya panas dalam.

Sebelum membahas efek larutan penyegar pada panas dalam, ada baiknya kita mengenal panas dalam dari sisi medis.

Panas dalam adalah serangkaian gejala dari suatu penyakit yang dapat menyerang beberapa bagian tubuh seperti mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan. Gejala yang bisa dikenali adalah sariawan, bibir pecah-pecah, tenggorokan terasa sakit, dan perut terasa panas.

Umumnya, panas dalam disebabkan makan makanan pedas, infeksi yang memicu suhu tubuh meningkat, dan berolahraga secara intens.

Ketiga hal itu dapat memicu suhu tubuh menjadi panas dan akhirnya menyebabkan panas dalam.

Baca juga: Benarkah Kerokan dengan Bawang Merah Ampuh Atasi Masuk Angin?

Panas dalamtidak berbahaya dan cara penyembuhannya tidak harus dengan bantuan dokter.

Artinya, kondisi ini bisa ditangani sendiri dengan melakukan pengobatan rumahan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya dengan larutan penyegar.

Manfaat larutan penyegar disebut-sebut dapat menyembuhkan panas dalam. Apa benar?

Gipsum fibrosum, komposisi utama larutan penyegar

Larutan penyegar beredar sangat luas di Indonesia. Minuman ini disebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Larutan penyegar memiliki komposisi yang berbeda-beda, tergantung pada mereknya.

Namun, komposisi utama dari minuman ini adalah gipsum fibrosum, yaitu mineral yang tidak beracun dan memiliki banyak manfaat. Manfaat larutan penyegar utamanya didapat dari gipsum fibrosum ini.

Meski bukan tanaman herbal, gipsum fibrosum sudah digunakan sebagai komponen utama obat-obatan tradisional China. Gipsum fibrosum sendiri adalah mineral yang terdiri dari kalsium, sulfur, dan sedikit mineral lainnya.

Gipsum fibrosum tidak memiliki warna atau bening, rapuh, serta mudah dihancurkan. Anda bisa menemukan gipsum fibrosum di  dasar laut atau di batuan sedimen, seperti batu kapur.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X