Kompas.com - 02/06/2019, 17:03 WIB
Ani Yudhoyono dan anggrek. Ani Yudhoyono dan anggrek.

KOMPAS.com - Semasa hidup, Mantan ibu negara Kristiani Herrawati atau yang lebih dikenal dengan nama Ani Yudhoyono sangat mencintai anggrek.

Di tengah kesibukan Ani Yudhoyono, dia tetap meluangkan waktu untuk berkebun dan mengurus sendiri tanamannya.

Hal ini pun pernah disampaikan SBY melalui postingan Facebook di akun pribadinya yang diberi judul SBY-Ibu Ani dan Bunga Anggrek.

Baca juga: Sumsum Tulang Belakang untuk Ani Yudhoyono, Kenapa Saudara Kandung Lebih Cocok Dibanding Anak?

"Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ibu Ani menyukai berkebun. Di halaman kediaman SBY dan Ibu Ani terdapat berbagai macam jenis tanaman, mulai dari tanaman hias di pot hingga pohon rambutan dan sukun. Salah satu koleksi terbanyak dari tanaman hias yang ada adalah bougenville dan anggrek. Berbagai varietas anggrek ditanam dan menghiasi halaman rumah mereka. Dalam memelihara keasrian taman, Ibu Ani dibantu oleh tukang kebun," tulis SBY dalam unggahan di Facebook pada (1/8/2015).


Melihat kecintaan Ani pada bunga anggrek sejak lama membuat salah satu varietas anggrek baru yang ditemukan oleh Suskandari Kartikaningrum, Yoyo Sulyo, Laily Qodriah, dan Suparmin dari Balai Penelitian Tanaman Hias Indonesia, menyematkan nama Ibu Ani pada anggrek tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Varietas baru tersebut ditemukan dalam Kegiatan Pelepasan dan Perlindungan Varietas tanaman Hias pada tahun 2007.

Bahkan menteri pertanian kala itu, Anton Apriyantono menyetujui pelepasan varietas sebanyak 18 kultivar, melalui Keputusan Menteri Pertanian No.706/Kpts/SR.120/5/2008 tentang Pelepasan Anggrek Spathoglottis Ani Bambang Yudhoyono sebagai varietas unggul.

Selain itu, Singapura juga pernah menghadiahi Ani Yudhoyono anggrek hasil persilangan D. Pikul Tuck Soon dan D. Adele William diberi nama Dendrobium Susilo Bambang Yudhoyono "Ani".

Anggrek ini merupakan bentuk penghormatan kunjungan Ani ke Singapore Botanic Gardens pada 15 Februari 2005.

Berbicara tentang bunga kesukaan ibu Ani, anggrek adalah jenis tanaman hortikultura yang sudah ada sejak lama, memiliki jumlah beragam, dan tersebar luas di berbagai pernjuru dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.