Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Bunga Kesukaan Ani Yudhoyono, Berikut 5 Fakta Menarik Anggrek

Kompas.com - 02/06/2019, 17:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Semasa hidup, Mantan ibu negara Kristiani Herrawati atau yang lebih dikenal dengan nama Ani Yudhoyono sangat mencintai anggrek.

Di tengah kesibukan Ani Yudhoyono, dia tetap meluangkan waktu untuk berkebun dan mengurus sendiri tanamannya.

Hal ini pun pernah disampaikan SBY melalui postingan Facebook di akun pribadinya yang diberi judul SBY-Ibu Ani dan Bunga Anggrek.

Baca juga: Sumsum Tulang Belakang untuk Ani Yudhoyono, Kenapa Saudara Kandung Lebih Cocok Dibanding Anak?

"Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ibu Ani menyukai berkebun. Di halaman kediaman SBY dan Ibu Ani terdapat berbagai macam jenis tanaman, mulai dari tanaman hias di pot hingga pohon rambutan dan sukun. Salah satu koleksi terbanyak dari tanaman hias yang ada adalah bougenville dan anggrek. Berbagai varietas anggrek ditanam dan menghiasi halaman rumah mereka. Dalam memelihara keasrian taman, Ibu Ani dibantu oleh tukang kebun," tulis SBY dalam unggahan di Facebook pada (1/8/2015).


Melihat kecintaan Ani pada bunga anggrek sejak lama membuat salah satu varietas anggrek baru yang ditemukan oleh Suskandari Kartikaningrum, Yoyo Sulyo, Laily Qodriah, dan Suparmin dari Balai Penelitian Tanaman Hias Indonesia, menyematkan nama Ibu Ani pada anggrek tersebut.

Varietas baru tersebut ditemukan dalam Kegiatan Pelepasan dan Perlindungan Varietas tanaman Hias pada tahun 2007.

Bahkan menteri pertanian kala itu, Anton Apriyantono menyetujui pelepasan varietas sebanyak 18 kultivar, melalui Keputusan Menteri Pertanian No.706/Kpts/SR.120/5/2008 tentang Pelepasan Anggrek Spathoglottis Ani Bambang Yudhoyono sebagai varietas unggul.

Selain itu, Singapura juga pernah menghadiahi Ani Yudhoyono anggrek hasil persilangan D. Pikul Tuck Soon dan D. Adele William diberi nama Dendrobium Susilo Bambang Yudhoyono "Ani".

Anggrek ini merupakan bentuk penghormatan kunjungan Ani ke Singapore Botanic Gardens pada 15 Februari 2005.

Berbicara tentang bunga kesukaan ibu Ani, anggrek adalah jenis tanaman hortikultura yang sudah ada sejak lama, memiliki jumlah beragam, dan tersebar luas di berbagai pernjuru dunia.

Menurut seorang ahli anggrek Tom Mirenda, anggrek merupakan tanaman hias yang sangat produktif dan juga unik.

Mungkin ada beberapa fakta menarik tentang bunga kesukaan ibu Ani dan merupakan salah satu bunga paling populer di dunia yang belum Anda ketahui. Berikut rangkumannya dari Live Science (9/4/2013).

1. Ada lebih dari 25.000 spesies anggrek di dunia

Keluarga Orchidacea adalah rumah bagi lebih dari 25.000 spesies bunga anggrek. Para ilmuwan menduga, jumlah ini akan terus bertambah, terutama di lokasi topikal dan hortikultura hibridasi yang memungkinkan anggrek menciptakan spesies baru.

2. Anggrek memiliki kemiripan dengan wajah manusia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com