Sumsum Tulang Belakang untuk Ani Yudhoyono, Kenapa Saudara Kandung Lebih Cocok Dibanding Anak?

Kompas.com - 28/03/2019, 11:33 WIB
Ani Yudhoyono terbaring di kasur perawatan dan berfoto bersama anak dan cucunya. InstagramAni Yudhoyono terbaring di kasur perawatan dan berfoto bersama anak dan cucunya.

KOMPAS.com - Pramono Edhie Wibowo, adik dari Ani Yudhoyono, dikabarkan akan menjadi donor sumsum tulang belakang bagi Ibu Negara RI keenam itu.

Bahkan, baru-baru ini, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membenarkan bahwa pamannya itu menjadi satu-satunya yang memenuhi 8 parameter untuk kebutuhan transplantasi sumsum tulang belakang bagi ibunya.

Sementara itu, anggota keluarga lain, hanya memenuhi 4 parameter saja. Hal ini membuktikan bahwa mencari donor sumsum tulang belakang bukan perkara mudah.

Sebagai informasi, sumsum tulang adalah jaringan lemak lembut di dalam tulang yang berfungsi menghasilkan sel darah.

Baca juga: Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diidap Ani Yudhoyono

Donor sumsum tulang dibutuhkan oleh beberapa orang untuk mengganti sumsum tulangnya yang rusak atau tidak berfungsi karena sebuah penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti kanker limfoma, leukimia, hingga anemia sel sabit, dengan sumsum tulang yang sehat.

Namun, mencari donor sumsum tulang belakang yang cocok tidak semudah mendapat donor darah. Tidak sembarangan orang yang bisa menjadi pendonor.

Saudara Kandung Punya Kecocokan Lebih Besar

Biasanya, orang yang memiliki kecocokan sumsum tulang belakang adalah anggota keluarga pasien sendiri.

Para ahli menyatakan bahwa kecocokan sumsum tulang akan lebih besar antara saudara kandung, ketimbang antara orangtua dan anak.

Perbandingan kesuksesannya adalah 25 persen antara saudara kandung. Sedangkan kecocokan sumsum tulang antara orangtua dan anaknya hanya sekitar 0,5 persen saja.

Lantas, bagaimana jika pasien tersebut tidak memiliki donor keluarga atau kondisi calon pendonor keluarga tidak memungkinkan? Kesempatan bisa datang dari donor asing, yang sama sekali tidak memiliki hubungan darah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X