Studi Temukan Manusia Hanya Punya 43 Persen Sel Manusia, Apa Maksudnya?

Kompas.com - 30/05/2019, 11:41 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Berbagai penemuan baru tentang apa yang ada di dalam tubuh kita membuat para ilmuwan memikirkan kembali apa yang membuat kita menjadi manusia dan apa yang membuat seseorang sakit atau sehat.

Dalam sebuah penelitian terbaru, peneliti menemukan bahwa kurang dari setengah sel di tubuh kita adalah sel-sel manusia.

Sedangkan, sisanya adalah mikroorganisma yang mempengaruhi kesehatan, perasaan hati, dan apakah orang-orang tertentu merespon lebih baik pada pengobatan-pengobatan tertentu.

"Jadi untuk setiap 30 triliun sel-sel manusia, kita memiliki rata-rata sekitar 39 triliun sel mikroba," ujar Rob Knight, direktur Pusat Inovasi Mikrobioma di Universit of California San Diego dan profesor kedokteran anak dan ilmu komputer serta teknik.

"Jadi dengan standar itu, kita hanya 43 persen manusia," tegasnya.