Perlukah Kita Tidur 8 Jam Sehari? 5 Ahli Menjawab Tidak

Kompas.com - 29/05/2019, 20:35 WIB
Ilustrasi tidurRidofranz Ilustrasi tidur

Oleh Alexandra Hansen


BANYAK dari kita mencoba hidup dengan mantra delapan jam untuk bekerja, delapan jam untuk santai, dan delapan jam untuk istirahat.

Petuah lama berbunyi bahwa kita membutuhkan delapan jam tidur per hari, tetapi beberapa orang bersikeras mereka membutuhkan lebih banyak, dan beberapa, (sebagian besarnya politikus), mengatakan mereka dapat berfungsi dengan baik dengan hanya empat atau lima jam tidur.

Jadi apakah otak manusia membutuhkan delapan jam, atau apakah terdapat perbedaan pada semua orang? Kami bertanya kepada lima ahli apakah setiap orang membutuhkan delapan jam tidur per hari.

Lima dari lima ahli mengatakan tidak

Berikut ini adalah jawaban detail mereka:

Chelsie Rohrscheib (Ahli saraf) Jawaban: tidak

Tidur adalah hal yang sangat penting, dan kurang tidur berkepanjangan memiliki banyak efek buruk pada kesehatan dan umur seseorang. Hal ini dikarenakan tidur berperan banyak pada fungsi otak dan tubuh yang tidak dapat dilakukan saat kita terjaga.

Sementara manusia membutuhkan, rata-rata, delapan jam tidur setiap malam, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memastikan fungsi-fungsi tersebut bekerja bergantung pada gen masing-masing individu.

Beberapa orang membutuhkan tidur yang singkat, misalnya hanya perlu tujuh jam. Sementara yang lain membutuhkan tidur yang panjang, yakni sembilan jam. Sangat jarang bagi seseorang yang mengatakan mereka membutuhkan kurang dari enam jam tidur per malam. Mereka yang membuat klaim ini hampir dipastikan menderita kurang tidur kronis.

Pengecualian terjadi ketika ada individu dengan varian genetik yang memungkinkan otaknya berfungsi lebih efisien pada kurang dari enam jam tidur, tetapi ini sangat jarang dan sangat sedikit orang yang benar-benar memiliki gen ini.

Jadi yang terbaik adalah membiarkan otak Anda menentukan jumlah tidur yang dibutuhkannya daripada percaya bahwa Anda bisa bertahan dengan tidur kurang dari rata-rata tujuh hingga sembilan jam.

Crystal Grant (Ahli dalam bidang tidur) Jawaban: tidak

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X