Sebelum Kereta Sleeper Luxury 2, Indonesia Punya Gerbong "Berkamar" bak Hotel

Kompas.com - 28/05/2019, 08:00 WIB
Fasilitas meja lipat dan port charger di KA Luxury 2 PT KAIFasilitas meja lipat dan port charger di KA Luxury 2

KOMPAS.com - Jelang mudik, PT KAI (Persero) meluncurkan kereta sleeper Luxury 2. Kabar ini menyita perhatian masyarakat Indonesia, terutama karena fasilitas yang diberikan.

Pasalnya, layanan yang diberikan KAI melalui kereta sleeper ini serupa kelas bisnis di pesawat. Sesuai namanya, kereta ini memang memiliki berbagai fasilitas mewah.

Kemewahan yang bisa didapatkan para penumpang kereta ini cukup banyak, mulai dari satu gerbong berisi 26 kursi, sandarah yang bisa merebah hingga 140 derajat, colokan power USB, makanan dan snack gratis, bantal dan selimut, hingga meja lipat dan lampu baca tiap kursi.

Meski terkesan baru, sebenarnya kereta sleeper di Indonesia telah ada sejak lama. Kereta dengan jenis semacam ini telah dikenal sejak tahun 1967, jauh sebelum kereta sleeper luxury generasi pertama lahir.

Baca juga: Ada Sejak Lama, Begini Rasa Menaiki dan Tarif Kereta Sleeper Pada 1967

Wartawan harian Kompas pada masa tersebut bahkan sempat merasakan kemewahan dari gerbong-gerbong yang bak hotel berjalan tersebut.

Kereta api dengan fasilitas mewah ini adalah KA BIMA (Biru Malam) yang mulai beroperasi pada 1967.

Sebelum KA BIMA yang bak hotel beroperasi, Indonesia memiliki jenis kereta yang disebut Kereta Api Ekspres Malam (KAEM) yang dijalan dengan tarif khusus.

Seperti kereta sleeper luxury 2, KAEM dibuat dengan gerbong-gerbong khusus dengan kelas-kelas yang lebih mewah.

Salah satu kemiripan KAEM dengan kereta sleeper luxury adalah sandaran kursinya yang bisa dimiringkan hingga berbentuk tempat tidur. Kemewahan ini ditujukan sebagai bagian dari pasar tourisme.

Tarif dari KAEM ini sendiri hampir dua kali lipat dari kereta penumpang lain pada masanya. Harga karcisnya kemudian mengalami beberapa kali revisi agar lebih terjangkau masyarakat, yaitu sekitar 3.750 rupiah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X