Jika Naga "Game of Thrones" Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?

Kompas.com - 26/05/2019, 16:31 WIB
Penggambaran naga dalam serial Game of Thrones HBOPenggambaran naga dalam serial Game of Thrones

KOMPAS.com – Serial Game of Thrones memang sudah tamat pada pekan lalu. Terlepas dari bagaimana tanggapan anda akan akhir dari kisah ini, tidak dapat dipungkiri bahwa dunia fantasi yang menjadi setting serial ini merupakan konsep yang menarik, baik itu dari segi budaya, politik, arsitektur, sejarah, hingga mitologi di baliknya.

Salah satunya adalah eksistensi naga, yang diperlakukan layaknya senjata pemusnah massal karena sanggup membumihanguskan populasi satu kota dalam waktu singkat.

Lantas, yang menjadi pertanyaan, mungkinkah hal demikian eksis di dunia nyata?

Jawabannya, mungkin tidak. Keberadaan naga hanya ada di mitologi dan legenda saja.

Namun, ternyata kemampuan menyemburkan api seperti naga sebenarnya tidak mustahil menurut sains, hanya saja membutuhkan kombinasi yang rumit dan spesifik untuk dapat merealisasikannya.

Baca juga: Bisakah Hewan Semburkan Api seperti Naga Game of Thrones?

Api membutuhkan tiga syarat utama. Pertama, sesuatu yang dapat menimbulkan percikan api untuk memulai proses pembakaran; kedua, bahan bakar untuk mempertahankan api; dan terakhir, oksigen yang berinteraksi dengan bahan bakar sehingga terjadi reaksi pembakaran.

Dari ketiga syarat tersebut, oksigen merupakan syarat yang paling mudah dipenuhi. Oksigen merupakan unsur terbanyak kedua di atmosfer Bumi setelah gas nitrogen, di mana oksigen menyususun sekitar 21 persen dari keseluruhan atmosfer.

Artinya, tinggal dua syarat lagi yang harus dipenuhi untuk dapat menyemburkan api.

Menciptakan percikan

Percikan api dapat timbul secara alami, melalui gesekan antara batu, seperti batu rijang (flint), atau logam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X