Bisakah Hewan Semburkan Api seperti Naga Game of Thrones?

Kompas.com - 16/04/2019, 17:04 WIB
Penggambaran naga dalam serial Game of ThronesHBO Penggambaran naga dalam serial Game of Thrones

KOMPAS.com - Dalam kisah mitologi, naga sering digambarkan menjadi sosok kuat dengan senjata ampuh berupa semburan api yang langsung bisa menghanguskan musuh.

Di film Game of Thrones, tiga naganya juga memiliki senjata andalan serupa.

Namun, meski literatur sejarah dan modern kaya akan ulasan tentang naga, tidak ada bukti fisik mengenai makhluk legendaris ini.

Lantas, adakah hewan di muka bumi yang bisa menyemburkan api seperti naga dalam mitos?

Baca juga: Naga Game of Thrones Dihidupkan dengan Suara Kura-kura Kawin

Jawaban singkatnya tidak. Sebagai gantinya, beberapa hewan ada yang bisa menyemburkan asap, racun, dan sesuatu yang pekat dari tubuh mereka.

Alasan mengapa tidak ada satu pun hewan yang bisa mengeluarkan api mungkin karena nyala api dari dalam tubuh bisa membuat kesalah ketika bernapas.

"Tak ada hewan di muka bumi yang tahan dan kebal pada api," ujar Rachel Keeffe, mahasiswa doktoral yang mempelajari reptil dan amfibi di Universitas Florida.

"Ada hewan yang dapat menahan suhu super tinggi namanya ocean vent, sejenis cacing yang bisa hidup di lingkungan sangat panas tapi bukan api," imbuh Keeffe.

Selain itu, ular kobra dapat meludahkan racun mematikan ketika terancam dan kalajengking afrotropis dalam genus Parabuthus dapat menyemprotkan racun sangat beracun pada makhluk yang mengancam.

Meski tidak sehebat semburan api Drogon milik Daenerys Targaryen dalam Game of Thrones, tokek Strophurus dapat menembakkan kotoran pekat dengan bau tidak sedap dari ekornya untuk menakuti musuh.

"Kotoran tokek Strophurus tidak beracun, itu hanya kotor dan bau," ujar Keeffe yang juga sedang menulis buku berjudul The Anthropology of Dragons: A Global Perspective.

Binatang lain dengan pertahanan unik termasuk sigung dan kumbang bombardier (Pheropsophus jessoensis). Mereka dapat mengeluarkan kentut gas kimia beracun ketika terancam.

Baca juga: Australia Waspadai Sengatan Siput Laut Naga Biru

Namun ada juga hewan yang bisa bergelut melawan api. Mereka adalah tiga spesies burung predator, yakni burung layang-layang hitam (Milvus migrans), burung layang-layang bersiul (Haliastur sphenurus) dan elang coklat (Falco berigora).

Ketiganya diketahui lolos dari bencana kebakaran hutan dengan menutupi tubuh menggunakan rumput dan ranting pohon.

Burung-burung itu kemudian menggunakan api untuk menyalakan api di tempat lain agar serangga yang sembunyi di bawah tanah bisa keluar dan menjadi santapan.




Close Ads X