Tak Cuma Orang Dewasa, Bayi Juga Suka Mendengar Suara Tawanya

Kompas.com - 23/05/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi bayi tidur javi_indyIlustrasi bayi tidur

KOMPAS.com - Perkembangan emosi bayi berlangsung pesat selama tahun pertamanya. Seiring bertambahnya bulan, bayi mulai bisa menanggapi orang-orang terdekatnya dengan cara tersenyum, bersuara, hingga tertawa.

Tawa yang lepas adalah tanda bahwa ia tertarik pada sesuatu dan merasa bahagia. Hal ini sering kali membuat banyak orang tua penasaran, sebenarnya pada umur berapa bayi bisa tertawa?

Sebagian besar bayi mulai bisa tersenyum sejak usia 6 minggu hingga 3 bulan. Kemudian, bayi mulai bisa tertawa dengan jelas pada saat usianya menginjak 3-4 bulan.

Tawa pertama bayi biasanya muncul karena ia melihat berbagai hal yang membuatnya senang, misalnya mainan favoritnya, hewan peliharaan di rumah, atau orang tuanya.

Baca juga: Kemungkinan Obesitas Bisa Diprediksi Sejak Bayi dengan “Skor Genetik”

Tawa bayi memang terdengar menggemaskan bagi orang tua. Akan tetapi, tahukah Anda? Ternyata Anda bukanlah satu-satunya yang menyukai hal tersebut.

Salah satu alasan mengapa bayi senang tertawa adalah karena ia juga menyukai suara tawanya sendiri. Selain itu, ia juga menyukai respons orang-orang di sekitarnya saat ia tertawa.

Perkembangan tawa bayi dari waktu ke waktu

Begitu buah hati Anda memahami asyiknya tertawa, ia akan lebih sering melakukannya, bahkan tanpa alasan tertentu.

Tertawa terasa membahagiakan dan suara-suara aneh yang keluar saat tertawa membuat bayi merasa lebih senang lagi. Lama-kelamaan, ia pun akan belajar menggerakkan mulut dan lidahnya untuk mengeluarkan suara tawa yang berbeda.

Seiring pertambahan usia, tawanya akan muncul ketika ia merasakan sensasi yang menyenangkan. Misalnya saat Anda menggelitikinya atau mengusap perutnya dengan wajah.

Anda juga bisa merangsang tawa bayi dengan mengajaknya bermain atau menunjukkan ekspresi wajah yang lucu. Tidak jarang, bayi juga bisa tertawa saat ia tertidur. Ini merupakan hal yang normal dan biasanya terjadi saat bayi berusia 9 bulan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X