Kompas.com - 20/05/2019, 12:58 WIB
Pakis rem China, tanaman yang bisa menghilangkan racun arsenik di dalam tanah. Pakis rem China, tanaman yang bisa menghilangkan racun arsenik di dalam tanah.

KOMPAS.com - Pakis rem China (Pteris vittata), merupakan tumbuhan asli Asia, Eropa selatan, Afrika tropis, dan Australia. Tanaman ini memiliki kemampuan unik, yakni bisa menyerap racun arsenik dari tanah dan menyimpan zat itu di daunnya.

Hal ini telah lama menjadi misteri dan membingungkan para ahli. Namun, pakar dari Universitas Purdue akhirnya berhasil mengungkap misteri tentang bagaimana tanaman pakis China dapat menganalisis mekanisme genetik dan seluler yang mempengaruhi toleransi arsenik.

Ulasan yang dimuat dalam jurnal Current Biology itu akan memberi dampak besar bagi kita, terutama karena tanah dan air yang terkontaminasi zat arsenik berpotensi menimbulkan risiko bagi ratusan juta orang di seluruh dunia.

Untuk membersihkan logam berat beracun diperlukan usaha yang melelahkan dan biaya mahal. Namun, para ilmuwan berharap pakis rem China dapat menjadi jawaban atas solusi yang lebih efektif.