Cari Solusi Pencegahan Kanker, Ilmuwan Pelajari DNA Paus

Kompas.com - 15/05/2019, 13:03 WIB
Paus punggung bungkuk Whit WellesPaus punggung bungkuk

KOMPAS.com – Kanker merupakan penyakit menakutkan yang sering kali muncul tiba- tiba, dengan potensi kematian yang tinggi. Hal ini mendorong para ilmuwan untuk terus mempelajari mekanisme kemunculan kanker, termasuk belajar dari hewan seperti paus.

Selama ini, diketahui bahwa usia dan berat badan merupakan faktor risiko dalam perkembangan sel kanker. Artinya, semakin tua dan besar ukuran tubuh suatu organisme, maka semakin berisiko untuk terkena kanker.

Namun, tidak demikian halnya pada paus. Paus justru memiliki risiko kanker yang relatif kecil, begitu pula pada gajah dan burung. Inilah yang mendorong para ilmuwan mempelajari mekanisme di balik rahasia tersebut.

Tim gabungan peneliti dari Nothern Arizona University, Arizona State University, University of Groningen, dan beberapa institusi lain mempelajari potensi mekanisme penekan kanker pada cetacean, kelompok mamalia yang mencakup paus dan lumba-lumba.