Ilmuwan AS Ciptakan Alat Pendeteksi Bakteri dalam Hitungan Menit

Kompas.com - 12/05/2019, 11:06 WIB
Ilustrasi bakteri Clostridium botulinum istIlustrasi bakteri Clostridium botulinum

KOMPAS.com - Masa-masa pasien mendapat resep antibiotik kuat dari dokter sementara masih harus menunggu hasil laboratorium selama berhari-hari mungkin akan berakhir. Ada sebuah alat yang bisa memberikan hasil tes dalam hitungan menit.

Alat itu diciptakan oleh tim dari Penn State University dan dipaparkan dalam sebuah artikel yang terbit di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, Senin (06/05/2019), kantor berita AFP melaporkan.

Dikembangkan bersama dengan Pak Kin Wong, seorang profesor teknik biomedis dan mekanis, alat tersebut menggunakan teknologi mikro untuk menangkap satu sel bakteri yang kemudian diperiksa dengan mikroskop elektron.

Dengan cara tersebut, para dokter bisa menentukan dalam waktu 30 menit apakah ada bakteri dan kelemahannya terhadap pengobatan. Waktu yang dibutuhkan jauh lebih singkat dari 3-5 hari untuk mendapatkan hasil tes laboratorium saat ini.