Teliti Air Berusia 2 Miliar Tahun, Peneliti Kanada Menang Penghargaan Tertinggi

Kompas.com - 08/05/2019, 11:33 WIB
Barbara Sherwood Lollar, peneliti air purba Barbara Sherwood Lollar, peneliti air purba

KOMPAS.com - Barbara Sherwood Lollar, ahli geologi dari University of Toronto baru saja memenangkan penghargaan sains tertinggi dari Kanada. Pemberi penghargaan tersebut adalah Dewan Riset Ilmu Pengetahuan Alam dan Rekayasa Kanda (NSERC).

Penghargaan ini didapatkan Lollar setelah mempelajari air tertua di Bumi. Karya tersebut digadang-gadang bisa memajukan pencairan kehidupan di dunia lain.

Seperti yang banyak diketahui, manusia sudah lama bertanya apakah kita sendirian di alam semesta. Mars serta bulan Jupiter dan Saturnus menjadi obyek yang diamati untuk pencarian kehidupan lain di luar Bumi.

Dengan penelitian Lollar ini, pencarian kehidupan di luar Bumi menjadi lebih mudah. Apalagi, para ahli percaya bahwa di bulan Jupiter dan Saturnus memiliki lapisan es.

Baca juga: Studi: Ada Sistem Aliran Air Aktif di Planet Mars

Selain itu, bulan di Jupiter dan Saturnus juga kemungkinan memiliki lubang hidrotermal, yang bisa memuntahkan uap air ke luar angkasa.

Dengan penelitian Lollar tentang air purba di bawah permukaan Bumi di tambah-tambah Canadian Shield dan seluruh dunia, kemungkinan unsur kimianya bisa digunakan untuk mempelajari bulan seperti Europa (bulan Jupiter) dan Enceladus (bulan Saturnus).

"Salah satu tema utama sains planet adalah bahwa kita menggunakan Bumi untuk memahami proses yang mungkin terjadi di planet lain," ungkap Lollar dikutip dari Cbc.ca, Senin (06/05/2019).

"Dan pekerjaan yang kami lakukan... memiliki relevansi langsung dengan apa yang kita lakukan ketika mencari proses di planet lain," imbuhnya.

Penelitian Lollar tentang air tertua di Bumi ini dimulai pada 2016 lalu. Air yang diteliti oleh Lollar dan timnya memperkirakan berumur dua miliar tahun.

Sebelumnya, para ilmuwan menemukan bahwa beberapa kehidupan awal tidak memerlukan fotosintesis untuk hidup. Sebaliknya, rekasi kimia antara batuan dan air menyediakan energi yang cukup untuk mikroba bertahan hidup.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X