Kompas.com - 30/04/2019, 16:03 WIB
Ilustrasi kantong plastik. Ilustrasi kantong plastik.

KOMPAS.com - Studi terbaru yang terbit di jurnal Environmental Science & Technology mematahkan klaim tentang plastik biodegradable yang mudah terurai.

Seperti diberitakan sebelumnya, ahli biologi kelautan Inggris Richard Thompson membuktikan bahwa plastik biodegradable yang terkubur dalam tanah tetap utuh selama tiga tahun dan plastik biodegradable yang direndam di laut dengan cepat berubah menjadi mikroplastik.

Studi Thompson pun menarik perhatian banyak ahli di berbagai bidang. Mereka mengatakan, Thompson berhasil menghadirkan data tentang keterbatasan plastik biodegradable dan plastik kompos yang saat ini menjadi pilihan banyak orang.

Baca juga: Diklaim Mudah Terurai, Plastik Ini Tetap Utuh Setelah 3 Tahun Dikubur

Seorang ahli kimia Ramani Narayan memberi tambahan, plastik kompos yang juga dipakai sebagai sampel di penelitian Thompson sebenarnya tidak dirancang untuk bertahan lama.

Peraturan industri di AS menyarankan plastik kompos dibuang di pembuatan kompos, dan oleh karena itu memerlukan instruksi label yang jelas terkait hal tersebut.

"Plastik kresek kompos hanya dapat terurai secara alami di lingkungan pengomposan industri dan dimaksudkan dibuang di lingkungan tersebut," ujar Narayan dilansir National Geographic, Minggu (28/4/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, produsen terbesar produk oxo-biodegradable di Inggris Symphony menjelaskan, oxo-biodegradable tidak dimaksudkan untuk terdegradasi di tempat pembuangan sampah atau tenggelam di lautan.

"Sebaliknya, plastik kresek oxo-biodegradable dimaksudkan untuk terurai di lanskap terbuka atau permukaan laut," ujar Michael Stephen, wakil ketua Symphony.

Stephen melanjutkan, plastik oxo-biodegradable mengandung zat penstabil yang membuat plastik lebih bermanfaat dan tahan sampai 18 bulan.

"Ketika zat stabilizer habis dan produk mencapai akhir masa manfaatnya, maka katalis (zat yang mempercepat laju reaksi reaksi kimia pada suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan, red) akan mulai menurun," ujar Stephen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.