Cerita Peneliti di Balik Penemuan dan Penamaan Spesies Begonia Baru

Kompas.com - 26/04/2019, 20:08 WIB
Julio Subagio,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Begonia merupakan genus tumbuhan dari famili Begoniaceae.

Tumbuhan ini memiliki ciri khas berupa bentuk daun yang tidak simetris, berbulu, dan umumnya memiliki warna kemerahan, mencolok, dan corak yang unik, menjadikannya cukup populer untuk dijadikan tanaman hias.

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies Begonia juga dimanfaatkan sebagai bahan minuman teh, atau bahkan menjadi bahan sayur dan bumbu penyedap lain, terutama untuk masakan yang mengandung udang atau ayam, karena cita rasa asam yang dikandungnya.

Menurut Wisnu Aji Handoyo, peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Begonia tersebar di Sumatera hingga Papua dengan perincian di Sumatera sebanyak 63 spesies, Kalimantan 197 spesies, Jawa 14 spesies, Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 13 spesies, Sulawesi 51 spesies, Kepulauan Maluku 9 spesies, dan Papua sekitar 80 spesies.

Tercatat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, LIPI telah menemukan 32 spesies baru Begonia yang telah diterbitkan dalam 21 publikasi ilmiah internasional.