Simbakubwa, Predator Paling Raksasa yang Pernah Hidup di Bumi

Kompas.com - 19/04/2019, 18:44 WIB
ilustrasi Simbakubwa, salah satu predator terbesar yang pernah hidup di Bumi ilustrasi Simbakubwa, salah satu predator terbesar yang pernah hidup di Bumi

KOMPAS.com - Para ahli paleontologi baru saja mengumumkan telah menemukan fosil dari spesies "hiperkarnivora" kuno raksasa. Uniknya, makhluk yang diberi nama Simbakubwa kutokaafrika itu disebut sebagai nenek moyang dari pemakan kuda nil dan gajah di masa kini.

Menurut tim yang digawangi oleh Nancy Stevens dan Matthew Borths dari Universitas Ohio, makhluk ini bahkan lebih besar dari harimau bertaring tajam dan beruang kutub.

Nama yang disematkan pada makhluk purba tersebut berasal dari bahasa Swahili, mengingat lokasi penemuannya memang di Kenya. Kata Simbakubwa berarti singa besar, mengingat ukuran dari hewan yang hidup 22 juta tahun lalu itu memang "raksasa".

Temuan makhluk yang diperkirakan punya bobot 1.500 kilogram ini terbilang tak sengaja. Pasalnya, saat itu, para peneliti sedang memeriksa fosil yang digali di situs arkeologi Jembatan Meswa puluhan tahun lalu.

Fosil-fosil itu sebelumnya disimpan di Museum Nasional Kenya.